Untuk Membuat Mesin Traktor Lebih Panjang Umur, Perhatikan Beberapa Komponen Ini!

Untuk Membuat Mesin Traktor Lebih Panjang Umur, Perhatikan Beberapa Komponen Ini!

Kemajuan teknologi tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia yang hidup di tengah perkotaan yang sibuk dan padat penduduk saja, nyatanya kemajuan teknologi juga sangat terasa manis oleh masyarakat yang bertempat tinggal di pedesaan. Kemajuan tersebut terutama dirasakan begitu membantu para petani karena membuat pekerjaan mereka semakin terasa ringan, mudah dan tidak memakan waktu yang cukup banyak. Hal tersebut dapat dirasakan dengan kehadirannya berbagai alat pertanian yang didasari dengan mesin dan menggunakan jenis teknologi yang terbilang sangat canggih. Jika dulu para petani menggunakan kerbau untuk membajak sawah, sekarang ini mereka bisa menggunakan mesin traktor yang dimana sangat berguna dan membuat pekerjaan mereka menjadi lebih efisien dan lebih akurat. Tidak heran jika sekarang ini hampir semua petani di pedesaan tertentu memiliki setidaknya satu alat ini. Namun, karena harganya yang mahal, maka Anda harus merawatnya dengan baik, yakni dengan memperhatikan beberapa komponen ini:

Untuk Membuat Mesin Traktor Lebih Panjang Umur, Perhatikan Beberapa Komponen Ini!

  • Mur dan Baut

Jenis komponen pertama yang ada pada traktor dan selalu harus Anda cek sebelum menggunakan alat tersebut adalah memeriksa bagian mur dan juga bautnya. Tidak hanya sebelum menggunakannya, Anda juga dianjurkan untuk memeriksa bagian tersebut ketika sudah menggunakannya agar memastikan jika beberapa bagian dari mesin tersebut tidak lepas, patah dan juga rusak. Umumnya, baut dan mur pada traktor memiliki usia kerja selama 25 jam, jadi sangat penting bagi Anda untuk memantau bagian ini.

  • Bahan Bakar

Agar mesin traktor dapat berjalan dan melakukan pekerjaan dengan maksimal, tentu alat ini membutuhkan bahan bakar. Jangan biarkan tangkinya kosong agar udara tidak masuk dan membuat traktor tersebut menjadi sulit untuk dinyalakan. Begitu pula jika disimpan, jangan sampai tangkinya juga kosong karena akan membuatnya mengalami pengembunan. Embun tersebut jika masuk ke bagian mesin, maka akan membuat alat tersebut menjadi lebih cepat rusak. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek kondisi bahan bakarnya.

  • Tuas

Untuk alat tersebut dapat bekerja sesuai dengan keinginan para petani, maka mereka harus menarik berbagai jenis tuas yang ada pada traktor. Pastikan jika tuas kontrol berfungsi dengan baik agar penggunanya juga dapat mengerjakan pekerjaannya secara lebih baik dan hasilnya memuaskan. Selain itu, perhatikan juga beberapa tuas yang dapat bergerak dengan bebas, seperti kopling kemudi, kopling utama, rem, dan juga gas.

Baca juga Cara Berburu Harga Mesin Traktor yang Murah Namun Berkualitas Bagus

  • Bagian yang Butuh Pelumas

Bagian terpenting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah semua bagian yang membutuhkan pelumas agar dapat bergerak dengan baik. Misalnya, bagian dalam mesinnya, gigi transmisi, kabel kopling kemudi, dan lain sebagainya yang ada pada mesin traktor. Fungsi pelumas ini adalah untuk membuat gesekannya semakin terasa lembut dan mesin dapat bergerak dengan lebih leluasa dan nyaman. Selain itu, hal ini juga nyatanya dapat mencegah terjadinya karat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *