Tugas dan Pekerjaan Operator Mesin di Suatu Perusahaan

Tugas dan Pekerjaan Operator Mesin di Suatu Perusahaan

Operator mesin memegang posisi penting dalam dunia industri dan dapat menyerap banyak tenaga kerja. Performa operator ikut menentukan tingkat produktivitas perusahaan karena ia bertanggung jawab atas semua pekerjaan produksi (sesuai bagian dan divisi) mulai proses penyiapan bahan sampai dengan finishing.

Tugas dan Pekerjaan Operator Mesin di Suatu Perusahaan

Operator mesin dapat diartikan sebagai seorang atau sekelompok orang yang bertugas mengoperasikan alat kerja berupa mesin, kendaraan ataupun alat manual. Lantas apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh seorang operator dalam suatu perusahaan? Dalam industri umum, operator produksi biasanya mengerjakan tugas yang sama walaupun secara spesifik cara bekerjanya ada  yang berbeda. Berikut ini diantaranya

  • Briefing

Saat akan memulai kerja, operator mesin harus mengikuti briefing dari leader produksi. Dalam briefing, akan dibahas berbagai rencana kerja dan target dalam hari itu sekaligus mereview kinerja hari sebelumnya.  Rencana kerja akan meliputi pembagian kerja, pembagian jaga mesin, pembagian target dan lain sebagainya.

  • Mengoperasikan Mesin

Setelah mengikuti briefing, maka operator mesin memulai pekerjaan sesuai bidang. Dalam bekerja, ia harus mengikuti panduan yang telah ditentukan dalam briefing sesuai target dan ketentuan. Ia juga mengikuti SOP (Standard Operational Procedure) yang sudah ditentukan oleh perusahaan. SOP tersebut umumnya meliputi hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan media kerja, efisiensi material produksi, kualitas produksi yang diminta dan keamanan.

  • Target

Pastinya, setiap perusahaan memiliki target bagi operator hubungannya dengan deadline dari pihak klien. Seorang operator harus berusaha memenuhi target untuk menjaga produktifitas dan kredibilitas perusahaan.

  • Ganti Shift

Skema pekerja shift diberlakukan untuk mencapai target produksi tertentu. Biasanya pada 1 hari bisa dibagi 3 shift dimana masing-masing memiliki jam kerja 8 jam dikurangi 1 jam istirahat. Ketika ada pergantian shift, operator perlu memberikan informasi detil pada giliran shift berikutnya sehubungan dengan order, adanya perubahan rencana, target, kendala dan lain sebagainya.

  • Lingkungan Kerja

Ketika bekerja, seorang operator mesin juga harusl menjaga serta memelihara lingkungan kerja tempatnya beroperasi. Lingkungan ini sendiri bisa meliputi peralatan produksi, bahan material mentah, spare part, kebersihan mesin dan lain sebagainya.

  • Laporan

Meskipun bekerja sebagai operator yang berurusan dengan mesin dan hardware, seorang operator mesin juga dituntut bisa membuat laporan. Seorang yang berprofesi sebagai operator apapun dalam praktek industri harus bisa merancang dan menysun laporan kinerja yang sudah ia lakukan dalam periode tertentu. Laporan ini berguna sebagai bahan untuk analisa pihak leader produksi serta akan dijadikan sebagai bahan untuk laporan pihak akunting produksi.

Dalam suatu laporan, umumnya hal yang dimuat antara lain;

  • Kuantitas produksi
  • Jenis produk
  • Adanya jam lembur yang diikuti
  • Beberapa keterangan tambahan lain jika ada

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Itulah tadi beberapa hal umum yang merupakan tugas dan tanggung jawab seorang operator mesin dalam suatu perusahaan. Perlu diingat bahwa mungkin ada beberapa perusahaan yang menentukan tugas lain mengingat mesin yang dijalankan terkadang meminta hal lain yang sifatnya khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *