Tips untuk Anda Dalam Merawat Mesin Motor Matic Agar Tetap Memiliki Performa yang Bagus

Saat ini Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat maju, sehingga berakibat pada gaya hidup masyarakat. Kebutuhan akan kendaraan bermotor pun menjadi sangat meningkat. Hampir seluruh masyarakat Indonesia saat ini telah memiliki kendaraan bermotor. Seperti sudah menjadi hal yang wajib untuk dimiliki. Untuk Anda yang sudah memiliki kendaraan bermotor pasti Anda menginginkan jika kendaraan Anda dapat bertahan lama waktu yang lama saat digunakan. Perawatan mesin motor harus Anda lakukan dengan baik sehingga kendaraan Anda tidak cepat rusak dan tetap bagus.

Ada berbagai macam jenis kendaraan bermotor yaitu kendaraan ringan, kendaraan berat, dan sepeda motor. Sepeda motor ini lah yang sudah menjadi kebutuhan sekunder pada masyarakat di Indonesia sekarang ini. banyak sekali jenis sepeda motor, ada sepeda motor matic, sepeda motor sport, motor bebek, dan lain sebagainya. Dari sekian jenis sepeda motor, kebanyakan warga masyarakat Indonesia lebih memilih sepeda motor matic karena penggunaannya yang lebih mudah daripada sepeda motor lainnya. Apalagi untuk para wanita yang notabene nya menginginkan kendaraan yang mudah untuk ditumpangi.

Akhir-akhir ini motor matic injeksi sangat menguasai pasaran, karena kelebihannya yang lebih baik dari pada matic karburator. Motor matic injeksi memiliki tekhnologi yang tinggi karena motor matic injeksi ini tidak lagi memakai mesin karburator. Mesin injeksi bukan hanya membuat umur pada mesin motor menjadi lebih panjang, akan tetapi juga lebih menekan pada penggunaan bensin yang menjadi lebih irit. Mesin injeksi yang sudah sempurna ini juga sangat perlu dilakukan perawatan agar performa dari motor Anda tetap bagus dan tetap terjaga.

Dalam menjaga performa dari motor matic berikut ini adalah perawatan yang mudah yang dapat Anda lakukan:

  1. Memanaskan mesin selama 5-10 menit setiap pagi hari sebelum digunakan akan pembakaran menjadi sempurna.
  2. Ketika Anda berkendara jangan sering melakukan akselerasi secara mendadak, seperti mengerem tiba-tiba saat laju kendaraan sedang cepat.
  3. Mengganti oli transmisi motor secara rutin setiap 5000 km dan oli mesin setiap 1000 km.
  4. Rutin cek tangki bensin Anda, dan jangan membiarkan sampai kosong atau kehabisan.
  5. Memeriksa kondisi aki dan busi secara teratur agar motor matic tetap bertenaga dan melaju dengan kencang.
  6. Memeriksa kondisi dari vent belt serta roller secara teratur, ketika sudah tidak nyaman gantilah dengan yang baru dan juga orisinil.

Memperhatikan ruang transmisi secara sering, karena didalam ruangan transmisi terdapat komponen yang memiliki kerentanan terhadap kotoran. Sehingga lebih baik jika Anda membersihkan ruang transmisi tersebut secara berkala setia 4000 km. Mengganti oli shock breaker pada maksimal setiap 10.000 km. Karena biasanya jika oli shock breaker Matic mulai berdecit, maka itu tandanya untuk segera diganti. Rawatlah mesin motor Anda dengan baik, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan performa yang bagus setiap hari dan tetap irit bahan bakar agar dapat mengurangi pengeluaran Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *