Tips Service Mesin Cuci Sendiri Sebelum Memanggil Tukang Service

Tips Service Mesin Cuci Sendiri Sebelum Memanggil Tukang Service

Kerusakan bisa saja terjadi pada setiap mesin. Sebagus apapun mesin dan seintens apapun perawatannya, mesin tetaplah alat buatan manusia yang tak sempurna dan bisa saja mengalami kerusakan. Begitu juga dengan mesin cuci di rumah Anda yang digunakan untuk membersihkan pakaian kotor. Rusak dan aus pasti sangat mungkin terjadi yang menyebabkan rusak ringan hingga parah. Pada kerusakan yang masih tergolong ringan seperti mesin cuci tidak berputar bisa Anda coba tangani sendiri sebelum memanggil tukang service mesin cuci.

Tips Service Mesin Cuci Sendiri Sebelum Memanggil Tukang Service

Service Mesin Cuci Rusak Ringan

Sebelum mulai membongkar atau bertindak lebih jauh service mesin cuci dadakan, hal pertama yang perlu Anda lkukan adalah mengetahui penyebab mesin cuci tidak mau bekerja. Untuk kerusakan ringan seperti putaran yang lemah atau bahkan tidak mau berputar biasanya disebabkan oleh beban yang melebihi kapasitas mesin cuci. Mengurangi jumlah cucian pun bisa Anda coba pertama kali. Namun jika tidak ada perubahan, mungkin ada masalah pada mesin Anda yang dipicu oleh;

  • Vanbelt yang longgar

Karet vanbelt yang mulai usang atau molor hanya dapat di cek di bagian mesin dan dapat diperbaiki dengan menyetel ulang atau menggeser bagian dinamo. Seandainya vanbelt sudah terlalu longgar, sebaiknya Anda melakukan penggantian karena komponen ini tidak terlalu mahal harganya. Hindari menyetel vanbelt ini tertlalu kencang karena justru dapat merusak gearbox.

  • Timer rusak

Ada juga suatu kondisi dimana bagian timer alias pengatur waktu mesin cuci mulai terganggu. Jika mesin cuci tidak mau berputar atau hanya bisa berputar searah saja, maka ini menandakan ada masalah pada timer yang mungkin dipicu oleh kabel yang putus. Untuk service mesin dengan kerusakan ini, periksalah bagian switch selector atau membongkarnya. Jika ada yang putus, lakukan penyambungan seperti yang diperlukan.

  • As macet

As merupakan komponen penting mesin cuci yang ada pada bagian dinamo. Bagian ini tidak boleh kotor ataupun tersumbat. Segera bersihkan dinamo jika memang kotor. Jika mesin masih belum mau berputar, mungkin ada kapasitor yang rusak.

  • Air Mampet

Kerusakan ini juga cukup umum terjadi pada mesin cuci. Anda bisa memeriksa bagian selang pembuangan untuk melihat apakah ada yang menyumbatnya.

Akan lebih baik lagi jika Anda juga melakukan perawatan yang tidak terlalu sulit, misalnya dengan terbiasa membersihkan slot deterjen, bagian filter dan tabung secara berkala untuk mencegah kerak dan jamur. Biarkan pintu mesin cuci sedikit terbuka  untuk sirkulasi udara dalam tabung dan gunakan deterjen berkualitas agar mesin Anda lebih awet.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Berbagai tips di atas dapat digunakan untuk masalah ringan pada mesin cuci Anda. Jika kerusakan yang menimpa mesin sudah cukup parah, akan lebih baik jika penanganan dilakukan oleh ahli service mesin cuci yang lebih berpengalaman agar kerusakan tidak semakin parah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *