Tips Rawat Mesin Traktor Terbaik Agar Awet Jangka Panjang

Tips Rawat Mesin Traktor Terbaik Agar Awet Jangka Panjang

Indonesia adalah Negara agraris yang sebagian mata pencaharian penduduknya adalah bertani. Dapat dibayangkan jika petani hanya mengandalkan tenaga manusia untuk mengolah pertaniannya. Hal tersebut tentu membutuhkan tenaga cukup banyak. Pada era globalisasi, pertanian juga mengalami banyak perkembangan dari segi peralatan pertanian hingga perawatan tanaman pertanian. Salah satu peralatan pertanian yang dapat menunjang kerja bidang pertanian adalah mesin traktor.

Tips Rawat Mesin Traktor Terbaik Agar Awet Jangka Panjang

Traktor adalah alat bantu petani untuk membajak sawah. Traktor biasanya dilengkapi dengan segala macam peralatan bajak pada rangkanya yang bisa dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan petani. Traktor perlu dirawat agar memiliki masa guna jangka panjang.

Tips Perawatan Traktor

Perawatan traktor tidaklah sulit, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Anda perlu memeriksa berkala ornament traktor seperti onderdil traktor yaitu mur dan baut. Mur dan baut memiliki umur 25 jam, lebih dari itu mur dan baut akan kendor. Perlu pemeriksaan berkala untuk menghindari mur dan baut patah atau terdapat bagian traktor yang lepas. V belt memiliki umur kerja 25 jam, ketika dipakai lama v belt dapat kendur / mengembang. Jika dipakai terlalu kencang putaran mesin dapat terhambat. Perlu pemeriksaan berkala pada v belt untuk menghindari terjadinya slip.
  • Jangan biarkan tangki kosong oleh bahan bakar karena dapat menimbulkan udara masuk pada tangki yang berakibat mesin sulit dihidupkan. Tangki kosong juga memungkinkan pengembunan pada ruang pembakaran yang berakibat merusak motor traktor.
  • Periksa saringan bahan bakar traktor agar proses penyaringan udara berjalan baik. Udara bersih tidak akan meyumbat lubang nozel. Periksa berkala mangkuk gelas dan pastikan menutup kran bahan bakar sebelum Anda membuka mangkuk gelas.
  • Periksa sistem pendingin mesin dan pastikan ram radiator dalam keadaan bersih.
  • Gunakan tuas kendali / kontrol dengan baik agar mesin traktor dapat beroprasi baik pula. Tuas control yang dapat diatur geraknya diantaranya yaitu: rem, kopling kemudi, kopling utama, dan gas.
  • Gunakan tekanan ban standar yaitu 16,5 psi. Pastikan kedua tekanan ban sama agar seimbang.
  • Periksa pelumasan, hal tersebut berlaku untuk peralatan yang saling bergesekan dan peralatan yang membutuhkan support pelumas dalam kerjanya. Periksa berkala oli motor dengan tongkat penduga. Jangan biarkan oli motor kering untuk menghindari percepatan rusaknya mesin traktor. Periksa juga gigi transmisinya. Kopling gigi tidak boleh dibiarkan kering atau berkarat. Periksa jari kopling dan pengait kopling agar tidak mudah aus. Keduanya berikan oli SAE 30/40 dalam perawatan.
  • Periksa kelengkapan implement. Gunakan mesin dengan implement yang baik dan operasikan mesin traktor ketika dalam keadaan benar–benar siap.

Baca juga: Cara Berburu Harga Mesin Traktor yang Murah Namun Berkualitas Bagus

  • Jangan lupa membawa peralatan tangan yang biasa dipakai. Letakkan peralatan tangan pada bagasi yang tersedia pada traktor. Bagasi biasanya terletak pada atas traktor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *