Tips Perawatan Mesin Fotocopy

Tips  Perawatan Mesin Fotocopy—jika anda seorang pengusaha yang bergerak di bidang fotokopi, maka sanga penting kiranya anda menjaga dan merawat mesin fotokopi anda. Bila hal tersebut telah rusak, maka akan sulit dan mahal dalam memperbaikinya. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Ya kan?

Nah berikut kami sajikan beberapa tips  guna merawat mesin fotokopi anda.

  • Bersihkan Perangkat Mesin

Spare parts lainnya yang perlu diperhatikan kebersihannya adalah drum mesin. Drum berfungsi untuk memberikan hasil cetakan pada kertas secara jelas dan terang. Untuk membersihkan drum, sebaiknya menggunakan cairan sanpoly atau alkohol. Selain itu magnet roll pada developing juga sebaiknya dibersihkan secra berkala. Sama dengan drum, magnet roll dibersihkan dengan menggunakan alkohol. Selain itu, bersihkan pula kaca scan lamp dan platen glass secara berkala. Gunakan lap basah atau alkohol 90%. Membersihkan kaca scan lamp dan platen glass dilakukan untuk menghindari debu yang menumpuk pada kaca tersebut. Meski tidak terlalu berpengaruh pada pengoperasian mesin, tetapi mesin fotokopi yang bersih akan lebih nyaman digunakan.

  • Pemeriksaan Rutin

Memeriksa kondisi mesin fotokopi merupakan hal yang wajib dilakukan. Cek apakah ada kertas yang menyangkut di drum. Cek juga kelayakan spareparts. Refil kertas yang ada di tray dan lain sebagainya. Lakukan pemeriksaan sederhana ini setiap hari. Lakukan sebelum tutup toko.

  • Periksa Toner

Periksa selalu ketersediaan toner. Jika toner mulai habis, segera isi kembali. Jika keadaan memerlukan pengggantian catridge, gantilah dengan yang baru. Penggunaan catridge yang terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama, akan membuat catridge melemah. Pilihlah toner yang berkualitas. Kuaitas toner mempengaruhi lama penggunaan drum mesin fotokopi. Tambahkan segera toner jika sudah di bawah batas minimum. Penggunaan toner yang terlalu sedikit akan berpengaruh pada umur mesin jika dilakukan secara terus menerus. Mesin fotokopi akan bekerja lebih eras dalam mencetak kertas jika toner yang tersedia kurang dari batas minimal.

Baca juga: TIPS RINGAN MERAWAT MESIN FOTOCOPY

  • Periksa Corona Wire

Corona wire merupakan salah satu spare parts yang berada di dalam mesin fotokopi. Corona wire berfungsi untuk mentransfer tegangan tinggi ke PC drum agar terjadi proses fotokopi. Corona wire berbentuk kawat berwarna kuning tembaga. Karena sering terjadi pembakaran akibat proses transfer tegangan tinggi, spare parts ini pun akan berubah menjadi hitam.  Cara yang baik adalah dengan membersihkannya menggunakan amplas halus. Namun jika diamplas masih hitam, berarti corona wire anda sudah habis. Waktunya ganti yang baru.

  • Periksa Listrik

Menjalankan mesin fotokopi harus menggunakan listrik yang stabil. Oleh karena itu, gunakan stabilizer untuk menjaga kestabilan tegangan listrik. Jika mesin sering terkena lonjakan tegangan listrik, mesin fotokopi akan cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *