Tips Perawatan Mesin Fotocopy

Tips Perawatan Mesin Fotocopy

Apakah Anda adalah salah satu pengusaha fotocopy? Ataukah Anda ingin merawat fasilitas kantor? Merawat mesin fotocopy nyatanya tidak sesulit yang dikatakan orang, namun hanya perlu ketekunan. Menjaga kualitas alat fotocopy ini memang perlu dilakukan rutin dan berkala untuk mempertahankan kualitas cetaknya. Jangan sampai kecolongan sebab sekali saja Anda malas dan membiarkan kerusakan kecil, maka resiko kerusakan akan bertambah fatal dengan ongkos perbaikan dan sparepart yang sangat mahal.

Tips Perawatan Mesin Fotocopy

Baca juga: 4 Nilai Lebih Membeli Mesin Fotocopy Mini untuk Pemakaian Pribadi

Cara Mudah Merawat Mesin Fotocopy

Melakukan perawatan pada mesin fotocopy sebenarnya bukanlah kegiatan yang berat. Komponen yang ada dalam mesin ini mudah untuk dijangkau dan dibersihkan. Sparepart juga cukup mudah untuk didapat, mulai dari yang original atau buatan. Yang menjadi masalah biasanya adalah kedisiplinan melakukan perawatan saja karena proses perawatan memang cukup sepele, antara lain dengan membersihkan bagian;

  • Regist roll ; Pada beberapa tipe mesin, regist roll dapat dibersihkan cukup menggunakan kain kering. Jika wire corona (atas dan bawah) mulai kehitaman, maka segera lakukan penggantian.
  • Drum ; Secara teratur, bersihkanlah permukaan drum menggunakan sanpolly ataupun alkohol. Membersihkan bagian ini perlu kehati-hatian guna menghindari goresan..
  • Platen Mirror ; Bersihkan platen kaca dan miror dengan lap basah bersih dan alkohol 90%. Adanya noda di bagian kaca dapat meninggalkan jejak pada hasil copyan yang tidak diinginkan.
  • Claw ; agar kertas tidak mudah macet, bersihkanlah bagian kuku-kuku (claw)

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk selalu memakai tinta yang berkualitas untuk menjaga daya tahan mesin dan hasil copy yang maksimal. Sesekali lap bagian body luar mesin fotocopy agar debu dan kotoran tidak menempel. Jauhkan pula makanan minuman, bermacam benda kecil misalnya isi stapler, klip ataupun paku payung dari mesin. Anda juga bisa menekan penggunaan kertas tebal sebagai media fotocopy Anda. Segala upaya ini dilakukan untuk menghidari hal yang tidak diinginkan pada mesin.

Mengenai usia sparepart, umumnya dapat diandai dengan hasil yang tidak sesuai standar, mengeluarkan suara berisik yang terlalu atau mulai melambat dan sering terjadi paper jam, maka ada kemungkinan Anda perlu melakukan pengantian. Periksalah bagian sponge dan lainnya. Pada mesin fotocopy kecil dan sedang, umumnya kerusakan drum menunjukkan hasil cetakan yang pudar ataupun bergaris. Penggantian sparepart memang harus dilakukan jika mesin sudah melampaui batas pemakaian dan hal ini wajar.

Menjadi hal wajib bagi para pengusaha copy untuk memberikan layanan yang memuaskan bagi para pelanggannya. Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, Anda pun harus selalu memperhatikan performa dan kualitas mesin fotocopy. Apabila Anda merencanakan membuka bisnis ini, ada baiknya memahami cara melakukan perawatan mesin seperti di atas agar memiliki gambaran dalam menentukan mesin macam apa yang akan dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *