Tips Mudah Perawatan Mesin Press Hidrolik

Sampah menjadi salah satu masalah yang masih belum bisa teratasi secara keseluruhan. Hal ini lantaran kesadaran masyarakat akan membuang sampah sembarangan masih sangat minim. Meski pemerintah sudah banyak menyediakan tempat sampah serta program-program membangun yang bisa membuat masyarakat jadi sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Salah satu mesin yang banyak membantu dalam hal ini adalah mesin press hidrolik.

Perlu diketahui jika mesin hidrolik press merupakan mesin yang digunakan untuk press kertas, kaleng hingga kardus dan plastik bekas sehingga nantinya bisa siap dikirim nantinya ke pabrik olah daur ulang. Keberadaan dari adanya mesin yang satu ini memang penting karena berbagai benda tersebut volumenya besar dan jika langsung dibawa atau dibuang maka akan jadikan tempat mudah penuh sehingga harus di press dulu sehingga memudahkan ketika pengiriman atau pembuangan.

Baca juga: Beragam Jenis dan Harga Mesin Cuci Motor yang Bisa Anda Pilih untuk Modal Usaha Anda

Bagi Anda yang bekerja dengan berkutat pada mesin hidrolik press ini, maka wajib tahu cara perawatan mesin press tersebut sehingga bisa selalu tahan lama. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

  1. Kebocoran minyak – untuk semua jenis mesin hidrolik wajib untuk selalu diperiksa karena selalu ada kemungkinan untuk bocor. Salah satunya adalah dengan alasan fitting longgar sehingga wajib untuk dikencangkan serta bersih dari adanya bocoran air.
  2. Level minyak – dalam penggunaan mesin maka keadaan untuk memenuhi level minyak hingga batas maksimalnya. Untuk dapat menentukan jenis minyaknya maka Anda wajib memperhatikan untuk petunjuk pakai minyak yang ada.
  3. Sekrup – bagian sekrup merupakan bagian dari mesin yang tak kalah penting dimana sekrup menghubungkan antara bagian satu dengan bagian lainnya. Oleh karena itu pastikan agar sekrup longgar bisa Anda benarkan dan cek ke semua bagiannya sehingga bisa meminimalisir resiko.
  4. Guided plantens – perlu diketahui jika pelumasan secara berlebihan bisa menjadikan akumulasi kotoran serta kehausan secara lebih cepat. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan sehingga menjadikan kotoran dan aus pun bisa diminimalisir.
  5. Suhu pemanas – jika mesin sudah dipanaskan sampai temperaturnya siap untuk beroperasi, maka periksalah suhu pada minyaknya. Untuk suhu ideal adalah pada 48 derajat.
  6. Kebersihan – dari segi kebersihan juga memegang peranan yang begitu penting dimana bidang kerjanya harus bersih. Lantaran saking pentingnya, maka pembersihan wajib untuk di jadwal serta betul diperhatikan agar bisa pastikan lingkungan kerja terhindar dari kecelakaan.

Ternyata merawat mesin press hidrolik tak begitu sulit bukan? namun memang untuk perawatan ini kesulitannya adalah dari segi kedisiplinan dimana tidak semua pengguna mampu rutin dan disiplin sehingga mampu membuat mesin mudah rusak. Oleh karena itu pastikan buat jadwal dan taati jadwal pemeliharaannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *