Tips Mudah Merawat Mesin Potong Rumput Agar Awet

Kalau Anda memutuskan merawat taman di rumah sendiri, maka jangan lupa menyediakan mesin potong rumput. Mesin satu ini punya fungsi membantu memangkas rumput yang sudah terlalu tinggi dan membentuk hutan rimba agar kembali pendek dan rapi. Rumput yang sudah meninggi menjadikan taman terlihat tidak karuan dan besar kemungkinan menjadi sarang hewan pengerat dan lain sebagainya. Akan lebih aman jika dipangkas yang selain itu juga menjadikan taman di halaman depan, samping, maupun belakang lebih enak dipandang mata.

Merawat Mesin Pemotong Rumput

Supaya mesin pemotong rumput yang dimiliki bisa selalu tajam dan kondisinya stabil dalam artian tidak mudah rusak. Jangan lupa memberikan perawatan rutin, dan adapun bentuk perawatan tersebut adalah:

  • Hindari benturan dengan benda keras,

Pada saat memotong rumput di taman memakai mesin baiknya periksa kondisi taman secara keseluruhan. Jika menjumpai batu tergeletak di tengah rerumputan baiknya ditepikan dulu sebab dikhawatirkan akan menabrak mesin pemotong rumput. Kalau terus terulang ada kemungkinan pisau mesin satu ini mudah rusak, misal retak atau malah memang sudah ada bagian yang menjadi tumpul.

  • Pastikan bersih dan kering sebelum disimpan,

Tidak menutup kemungkinan penggunaan mesin potong rumput dilakukan di pagi hari dan kondisi rumput masih basah oleh embun atau sisa air hujan semalam. Ketika selesai mengurus pemangkasan puncak rumput liar pastikan mesin dibersihkan dan dikeringkan dulu. Sebab mesin satu ini secara umum terbuat dari material besi yang mudah berkarat, terutama pada mata pisau. Usahakan disimpan dalam kondisi kering untuk menghindari karat yang merusak mesin dan tentunya membuat pisau yang ada menjadi tumpul, kalau terjadi tentu Anda akan kerepotan.

  • Rutin mengasah pisau pemotong rumput,

Sesekali luangkan waktu untuk mengasah mata pisau pada mesin ini sebab menjadi otak untuk menjadikan mesin berfungsi dengan baik. Jika memaksa mata pisau tumpul dipakai maka hasil potongan tidak akan bagus, taman bukannya semakin rapi malah mirip diserang badai ganas. Anda baiknya menjaga pisau mesin pemotong ini selalu tajam sehingga hasilnya maksimal dan tidak membuang waktu berlebihan. Pasalnya dengan pisau yang tumpul tentu pekerjaan ini butuh waktu lebih lama.

  • Rutin mengganti bensin maupun pelumas,

Sebelum mesin pemotong ini digunakan usahakan selalu mengecek ketersediaan bensin dan juga oli atau pelumas. Jangan sampai dipakai dalam kondisi salah satu atau keduanya kosong karena nanti akan langsung rusak. Jikalaupun jarang dipakai usahakan sebelum dipakai ganti dengan bensin dan oli baru. Tujuannya untuk menjaga vitalitas mesin, sebab siapa tahu kualitas oli dan bensin selama disimpan sudah rusak. Anda tentu tidak menghendaki mesin potong rumput yang baru dibeli tiba-tiba menjadi rongsokan, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *