Tips Merawat Pemanggang Roti Kesayangan

hargamesin.org-pemanggang rotiSekarang ini pemanggang roti bukan menjadi hal asing untuk ditemui. Alat yang satu ini memang diakui lebih memudahkan kita untuk mempercepat penyiapan sarapan. Dengan pemanggang ini, kita dapat memanggang roti dengan lebih cepat dan lebih praktis. Mungkin saat ini Anda sudah sering menggunakan pemanggang tersebut. Apakah Anda menggunakan pemanggang ini setiap hari? Namun kapan terakhir kali Anda membersihkan pemanggang kesayangan Anda?

Tahukah Anda jika sebagian besar orang menggunakan alat panggang roti setiap hari, namun mereka jarang membersihkannya, hal ini disebabkan, proses pembersihan toaster atau pemanggang memang lebih merepotkan karena memiliki komponen dan bentuk yang beragam, padahal membersihkan pemanggang sangat penting agar toaster dapat bertahan lama dan tetap higienis ketika digunakan.

Berikut langkah-langkah membersihkan pemanggang roti, antara lain:

  • Pastikan toaster Anda dalam keadaan dingin, dan tidak terhubung dengan sumber listrik, bila Anda sudah menggunakannya selama 10 menit terakhir, lebih baik membiarkannya terlebih dahulu paling tidak selama 1 jam lamanya,
  • Tarik secara perlahan baki penampung yang berada di bagian bawah toaster dan buang sisa-sisa remah,
  • Bersihkan baki dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan cairan pembersih. Gunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan untuk membersihkan daerah yang sukar dijangkau, bilas baki dengan menyeluruh dan pastikan baki kering sebelum Anda memasangnya lagi,
  • Jika baki tidak bisa di lepas, balik pemanggang dan goyang dengan hati-hati hingga remah-remah terjatuh,
  • Bersihkan tempat pemanggang, sekarang, Anda tidak perlu menggunakan cairan pembersih, Anda cukup menggunakan sikat yang tidak terpakai atau kuas, balik pemanggang sambil di goyang secara perlahan, ulangi langkah tersebut dengan berhati-hati,
  • Bersihkan bagian luar toaster, Anda bisa menggunakan larutan pembersih dan air hangat yang dituangkan pada kain bersih,
  • Seka seluruh bagian yang sulit di jangkau hingga bersih, pastikan membersihkan seluruh sisi toaster mulai dari bagian atas, bawah hingga kinclong.

Setelah toaster Anda bersih, dan siap untuk digunakan kembali, Anda harus mengingat hal-hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Pastikan tempat roti dan juga lubang pemanas tidak terkena air ketika Anda membersihkannya,
  • Hindari membersihkan toaster saat panas, karena bisa membahayakan tangan Anda, lebih baik Anda sabar dan menunggu toaster hingga dingin.

Bila Anda sering menggunakan pemanggang roti, lebih baik mulai dari sekarang Anda mulai membersihkan dan menjadwalkan pembersihan toaster dengan rutin. Dengan menggunakan perawatan teratur, nantinya toaster Anda akan tetap bersih. Sebenarnya pembersihan toaster ini bukan hanya sekedar demi estetika saja, namun jika Anda membersihkan toaster dengan rajin, nantinya kesehatan Anda juga akan terjamin, pembersihan toaster secara teratur dapat membuat toaster menjadi lebih tahan lama. Jadi, mulai dari sekarang, apakah Anda masih menunda untuk membersihkan toaster secara berkala?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *