Tips Merawat Mesin Mobil Secara Sederhana Bagi Para Pemula

Tips Merawat Mesin Mobil Secara Sederhana Bagi Para Pemula

Bagi anda yang baru saja memiliki mobil tentu ingin menjaga mobil tersebut dengan sebaik mungkin termasuk dengan melakukan perawatan yang terbaik. Dengan perawatan tersebut diharapkan mobil bisa lebih awet dan bisa tetap nyaman dipakai dalam jangka panjang. Namun untuk memastikan mobil tersebut tetap nyaman dan bernilai tinggi maka anda harus melakukan perawatan secara rutin pada mesin mobil tersebut. Dimana untuk perawatan mesin ini bisa anda lakukan di bengkel resmi dengan servis berkala atau bisa juga secara pribadi.

Tips Merawat Mesin Mobil Secara Sederhana Bagi Para Pemula

Untuk anda yang masih pemula mungkin masih belum begitu memahami seluk beluk mobil serta perawatannya secara detail termasuk pula peraatan mesin mobil tersebut. Namun anda tak perlu khawatir sebab kini anda bisa melakukan beberapa tips perawatan mesin pada mobil diantaraya sebagai berikut ini.

  1. Mengecek Oli
    Tips merawat mesin mobil yang pertama adalah dengan mengecek oli mobil secara rutin. Perlu anda ketahui sebagai pemula bahwa oli mobil sebaiknya harus diganti setiap 5.000-10.000 km supaya kinerja meson pada mobil tetap optimal. Untuk memudahkan anda dalam mengecek oli mobil apakah sudah harus diganti atau belum maka silakan teteskan sedikit oli di tangan anda lalu coba rasakan apakah sudah ada serpihan halus atau belum. Jika sudah terdapat serpihan halus maka sudah saatnya anda mengganti oli tersebut.
  2. Memastikan Kopling Berfungsi secara Normal
    Untuk anda yang memiliki mobil bertransmisi manual maka sebaiknya silakan cek kondisi koplinya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Untuk kampas kopling yang sudah aus biasanya saat anda melakukan perpindahan gigi maka terasa lebih berat dan kurang nyaman saat berkendara. Kondisi persneling yang sulit dipindah ini merupakan salah satu indikasi bahwa kampas kopling mobil sudah mulai aus.
  3. Mengisi Air Radiato Secukupnya
    Air radiator pada mobil berfungsi untuk mendinginkan mesin ketika bekerja. Saat mengisi air radiator pastikan melakukannya secara berkala supaya bisa bisa bekerja secara baik. Slain itu, bila anda cukup sering memaki air wiper maka silakan isi tabung air wiper menggunakan air bersih jika air tersebut terlihat sudah mulai habis.
  4. Memeriksa Kabel dan Lampu
    Periksalah kabel dan lampu mobil secara rutin untuk mengetahui apakah terdapat kabel yang kendur atau bisa saja terputus dan lampu mobil yang meredup. Hal ini sangat penting supaya mobil anda tidak bermasalah saat di gunakan dalam perjalanan.
  5. Merawat Aki Mobil
    Pastikan aki mobil anda berada di level yang seharusnya yaitu berada di antara garis batas penanda. Selain itu ada cara lain untuk mengetahui kondisi aki yaitu dengan mengukur tegangan aki memakai voltmeter. Namun jika anda masih belum yakin maka silakan mengeceknya di bengkel terdekat.

Baca juga: 4 Langkah Menjaga Kesehatan Mesin Mobil Agar Tetap Bagus

Demikianlah penjelasan mengenai tips merawat mesin mobil bagi pemula yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang saat ini masih pemula dalam menggunakan mobil maka sebaiknya perlu menerapkan tips-tips di atas. Dengan begitu nantinya mobil anda tetap terawat dengan baik sehingga tetap aman dan nyaman saat digunakan di perjalanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *