Tips Merawat Mesin Bubut Sederhana dengan Benar dan Tepat

Tips Merawat Mesin Bubut Sederhana dengan Benar dan Tepat

Mesin bubut merupakan salah satu jenis alat ataupun media kerja yang banyak digunakan oleh bengkel kerja yang ada, sebagai media dalam membentuk bagian tertentu pada benda, menjadi bentuk lain sesuai dengan keinginan yang dimiliki. Mesin yang berfungsi sebagai media pembentuk ini, biasanya akan memiliki beberapa panel utama yang dapat berfungsi untuk menggerakkan berbagai peralatan dalam mesin tersebut. Untuk menjaga fungsi dari berbagai panel tersebutlah, maka perawatan secara menyeluruh terhadap mesin tersebut haruslah Anda lakukan. Selain untuk menjaga fungsi dari panel, perawatan pun akan membuat mesin yang Anda miliki dapat berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tips Merawat Mesin Bubut Sederhana dengan Benar dan Tepat

Untuk dapat melakukan perawatan mesin yang bekerja dengan sistem pengikisan pada media kerja ini, yang harus Anda lakukan adalah menggunakan mesin sesuai dengan petunjuk dalam buku penggunaan mesin. Penggunaan mesin yang sesuai dengan petunjuk ini memungkinkan Anda untuk dapat menggunakannya, tanpa menghadapi kendala dikemudian hari. Penggunaan mesin sesuai dengan buku petunjuk yang ada dalam mesin pun, akan dapat membuat berbagai panel yang terdapat dalam mesin menjadi lebih terjaga sesuai dengan fungsinya.

Sistem perawatan lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga fungsi dari mesin bubut agar tetap dapat berjalan dengan optimal, antara lain adalah:

  • Gantilah oli pada mesin pengikis ini secara berkala dan rutin dengan menggunakan jenis pelumas yang memang dianjurkan untuk mesin tersebut sesuai dengan saran dari buku petunjuk mesin tersebut.
  • Kembali semua panel yang terdapat dalam mesin dalam kondisi normal, ketika telah Anda gunakan, untuk menjaga kondisi dari panel agar nantinya dapat difungsikan dengan baik.
  • Bersihkan baik panel ataupun bagian lain pada mesin setelah digunakan dari serpihan benda kerja yang telah dikikis, agar nantinya tidak terjadi penumpukan debu yang dapat mengganggu kinerja dari mesin.

Untuk menjaga fungsi dari bagian pengait benda kerja agar dapat terjaga keawetannya, akan lebih disarankan bagi Anda untuk tidak menempatkan benda kerja secara paksa, terlebih dengan cara memukul benda kerja tersebut agar dapat terpasang. Sistem pemasangan secara paksa ini selain dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian pengait juga dapat merusakkan fungsi dari berbagai panel lainnya, karena benda kerja tidak sesuai dengan ukuran yang diperuntukkan pada mesin tersebut.

Baca juga Jenis-jenis Mesin Bubut dari Masa ke Masa

Hindari menggunakan mesin bubut secara terus menerus tanpa adanya istirahat dalam beberapa jam, karena hal tersebut nantinya selain dapat membuat komponen pada mesin menjadi panas juga akan dapat mengakibatkan adanya gangguan pada sistem kelistrikan mesin tersebut. Gunakan mesin untuk melakukan pengikisan benda kerja dengan aturan penggunaan yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mesin pun dapat terjaga kondisinya dengan lebih optimal.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *