Tips Menghemat Energi Pompa Air di Rumah

Tips Menghemat Energi Pompa Air di Rumah

Biaya listrik fasilitas umum adalah untuk sistem pemompaannya. Selain itu, pompa untuk sistem air minum, khususnya, mencapai hingga 80% dari total energi yang diperlukan untuk perawatan dan distribusi. Pompa dan energi adalah Institut Hidrolik (HI), yang mengkhususkan diri dalam manajemen energi sistem pompa dan optimalisasi kinerja. Perlu untuk Anda ketahui bahwa untuk pompa air ini dapat Anda hemat dengan cara yang lebih mudah.

Anda pun juga bisa mengurangi beban energi pompa untuk menghemat energi. Cara yang dapat dilakukan pun juga cukuplah mudah. Jika Anda belum mengetahui tata cara dalam menghemat energi pompa untuk air di rumah Anda, maka Anda dapat untuk mengikutinya pada beberapa ulasan yang ada di bawah berikut yang siap membantu diri Anda agar lebih menghemat biaya pengeluaran.

Tips Menghemat Energi Pompa Air di Rumah
Tips Menghemat Energi Pompa Air di Rumah

Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Efisiensi pompa rata-rata di bawah 40% dan 10% pompa dan 10% efisien atau kurang. Oversizing sering datang dalam tahap desain, karena praktik untuk menambahkan beberapa faktor keamanan cukup umum. Ini berarti bahwa kedua parameter tekanan dan aliran untuk desain pompa mungkin 25% lebih dari operasi sistem yang sebenarnya.

  • Sesuaikan ukuran pompa.

Memperbaiki ukuran pompa merupakan peluang ekonomi yang signifikan untuk mengurangi konsumsi energi. Ini penting karena pompa sentrifugal dapat menghabiskan hingga 60% energi motor di fasilitas, dan juga memiliki biaya pemeliharaan peralatan proses tertinggi.

  • Pangkas impeller.

Impeller tidak boleh dipangkas lebih kecil dari diameter minimum yang ditampilkan pada kurva pompa air produsen. Biasanya sekitar 75% dari diameter impeller maksimum pompa. Kurva pompa dan aturan afinitas berlaku untuk sekitar 5% perubahan diameter maksimum yang dapat memberikan informasi tentang perubahan trim impeller dan kinerja yang terpengaruh. pemangkasan impeller digunakan untuk menghindari kerugian yang terkait dengan katup kontrol.

  • Minimalkan penurunan tekanan sistem.

Cara utama untuk mengurangi penurunan tekanan adalah melalui optimalisasi pipa-sizing. Kerugian gesekan hidraulik menciptakan pengurangan tekanan dari satu ujung pipa lurus ke ujung lainnya.

Sedangkan untuk katup kontrol biasanya digunakan untuk mengontrol aliran atau tekanan. Hal ini juga akan membantu mengurangi kehilangan energi di atas sistem yang tidak dikontrol seperti sistem irigasi dengan pompa berkecepatan tetap dan beberapa lokasi dengan jarak dan ketinggian yang berbeda. Fungsi utama dari katup kontrol adalah aliran throttling atau untuk melewati aliran. Penyempitan mengurangi aliran tetapi meningkatkan tekanan.

Anda dapat meminimalkan tekanan berlebih dengan melewati kelebihan arus kembali ke reservoir atau lokasi lain. Untuk banyak aplikasi, Anda dapat menghemat energi pompa air dengan menerapkan drive kecepatan variabel. Dengan penggerak kecepatan variabel, kecepatan putaran pompa disesuaikan untuk mencapai kepala dan aliran yang diinginkan yang diperlukan untuk aplikasi proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *