Tips Menggunakan Mesin Jahit Mini Agar Lebih Awet

Tips Menggunakan Mesin Jahit Mini Agar Lebih Awet

Melakukan hobi pastinya menyenangkan hingga Anda bisa lupa waktu karena asyik melakukannya. Apalagi jika Anda memiliki hobi yang bisa menghasilkan pendapatan. Salah satu contohnya adalah hobi menjahit yang sekarang ini menjadi kemampuan yang langka sehingga dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan menjahit Anda bisa meneruskan hobi sekaligus menerima pesanan pakaian atau memperbaiki pakaian sehingga memberikan penghasilan. Mesin jahitpun sekarang sudah dimodifikasi dengan bentuk yang lebih kecil sehingga sering disebut sebagai mesin jahit mini yang mudah digunakan dan mudah untuk dibawa atau disimpan kembali meski rumah Anda tak begitu besar.

Tips Menggunakan Mesin Jahit Mini Agar Lebih Awet

Mesin jahit ukuran kecil atau portable dibuat dari bahan plastik atau sintetik dimana karakteristik bahan tersebut adalah mudah rusak. Tak seperti mesin jahit konvensional yang dibuat dari besi kuat, mesin jahit portable ringan namun mudah rusak akibat penggunaan yang tidak benar. Meski mini namun harga mesin jahit portable juga mencapai jutaan rupiah karena memiliki fitur yang lengkap untuk kebutuhan penjahit amatir hingga profesional. Karenanya jika mengalami kerusakan akan sangat disayangkan apalagi mesin jahit tersebut digunakan untuk mencari tambahan penghasilan. Untuk itu, ketika Anda nanti menggunakannya, lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menjaga kinerja mesin dan keawetannya.

  • Baca petunjuk penggunaan.

Banyak seri mesin jahit mini yang beredar di pasaran dimana satu dan lainnya memiliki cara penggunaan masing-masing yang berbeda apalagi dari merk yang berbeda. Untuk itu Anda harus membaca buku petunjuk yang disertakan saat pembelian sebelum menggunakan mesin jahit tersebut untuk pertama kalinya.

  • Putuskan kontak dengan listrik saat tidak digunakan.

Mesin jahit portable yang sekarang menggunakan tenaga listrik atau batu batre. Meski begitu sama seperti alat elektronik lainnya, sebaiknya Anda memutuskan tegangan listrik dengan mesin jika tidak digunakan apalagi dalam waktu yang lama.

  • Tutupi dengan cover.

Kebersihan juga sangat mempengaruhi kinerja. Tutupilah mesin jahit portable Anda dengan cover yang disediakan atau simpan di dalam kardus kembali jika sudah selesai menggunakannya. Pastikan selama masa penyimpanan mesin jahit tidak terkena debu.

  • Spare part original.

Jika mesin jahit mengalami kerusakan dan perlu melakukan pergantian spare part, hanya ganti sparepartnya dengan spare part original sesuai dengan merk mesin jahit yang Anda beli.

 Baca juga Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya

Lakukan tips-tips di atas agar mesin jahit mini Anda dapat digunakan untuk waktu yang lama dalam menghasilkan tambahan pendapatan. Jangan lupa untuk membersihkan dan merawatnya secara rutin agar semua komponennya berfungsi dengan baik. Jangan sekali-kali membuka cover penutup mesin jika Anda tak mengerti bagaimana memperbaikinya karena bisa membuat mesin jahit yang bermasalah menjadi tambah rusak karena komponen yang tidak benar cara membuka dan menutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *