Tips Memilih Spare Part Asli untuk Berbagai Jenis Mesin

Barang elektronik menjadi salah satu jenis barang yang paling banyak digunakan saat ini untuk berbagai jenis keperluan. Dari mulai skala rumah tangga hingga industri dan lainnya menggunakan barang elektronik sebagai sarana dalam melakukan kegiatan. Dengan semakin seringnya produk elektronik ini digunakan maka semakin berkurang juga usia penggunaannya. Hal ini sering diketahui dengan adanya keluhan atau hambatan pada saat ia bekerja. Solusi yang bisa dilakukan adalah penggantian spare part atau bagiannya yang sudah usang atau rusak dengan yang baru dan asli.

Banyaknya jenis produk elektronik dari jenis dan merknya membuat produk sparepart juga banyak dibuat di Indonesia. Sayangnya para produsen tersebut tak semuanya merupakan produsen resmi dari merk produk tersebut. Banyak produk KW atau palsu yang dibuat dengan semirip mungkin kemudian dijual dengan label merk asli. Harganya pun tak dibedakan sehingga para konsumen yang kurang teliti mudah tertipu. Hasilnya, penggunaan sparepart tersebut juga tak bertahan lama dan kondisi barang elektronik atau mesin kembali mengalami kendala atau gangguan bahkan mati total.

Baca juga: Cara Melakukan Perawatan Pada Spare Parts AC Supaya Tetap Dingin dan Segar

Agar Anda tak mengeluarkan uang untuk produk yang tak seharusnya Anda beli, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih atau membeli sparepart sehingga Anda hanya membeli yang asli saja:

  • Hanya membeli spare part di service centre resmi merk produk tersebut.

Jika di kota Anda terdapat service resmi produk elektronik yang rusak tersebut, sebaiknya Anda melakukan perbaikan di sana. Pergantian sparepart akan secara otomatis diganti dengan sparepart asli sehingga Anda tak perlu khawatir akan keasliannya. Bukan hanya sparepart, jika Anda memerlukan aksesoris untuk produk elektronik tertentu, Anda juga bisa menemukan versi originalnya di service centre tersebut.

  • Perhatikan harga.

Produk asli memiliki kisaran harga yang lebih mahal dibandingkan produk KW atau imitasi. Meski produk KW bisa saja dijual dengan harga mahal namun seringkali penjual bisa menurunkan harganya hingga lebih dari separuhnya agar Anda membeli. Sedangkan untuk produk asli, ada kisaran harga tetap atau pasaran yang tidak bisa diturunkan sehingga untuk proses tawar menawar hanya akan turun sedikit saja.

  • Perhatikan kemasan.

Pada sparepart asli yang diperjualbelikan dengan bebas, akan ada kemasan yang bertuliskan merk dagang.

Cara-cara di atas bisa Anda praktekkan untuk menemukan dan membeli hanya spare part asli sehingga Anda tak mengeluarkan uang untuk produk yang lain dari permintaan Anda. meski begitu tak selamanya sparepart kw akan memiliki kualitas kurang baik, hanya saja Anda berhak mengetahui apakah barang yang Anda beli sesuai merknya dengan keinginan Anda sehingga bisa menyesuaikan dengan harga jual yang akan Anda bayarkan. Menggunakan produk elektronik dengan pembatasan juga bisa memperpanjang usia penggunaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *