Home Peralatan Rumah Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kondisi di Lokasi Anda

Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kondisi di Lokasi Anda

by Deann Allen
Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kondisi di Lokasi Anda

Ada banyak produk pompa air yang dijual di toko dengan berbagai spesifikasi dan harga yang sangat beragam. Varian tersebut dimaksudkan oleh produsen agar konsumen bisa mendapatkan manfaat sesuai dengan kebutuhannya. Namun tak jarang, pihak konsumen yang salah dalam memilih tipe pompa yang berakibat pada mesin yang tidak awet, boros listrik, air tidak maksimal, bising dan lain sebagainya. Banyak orang yang cenderung memilih tipe yang direkomendasikan orang yang bahkan tidak tahu seperti apa kondisi dan kebutuhan air lokasi Anda.

Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kondisi di Lokasi Anda

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Akan Membeli Pompa Air

Menentukan produk pompa air yang sesuai kebutuhan, berkualitas, dengan harga terjangkau kadang cukup membingungkan. Terlebih banyaknya jenis produk dan masukan orang lain yang mempengaruhi pandangan Anda sebagai konsumen. Maka dari itu, berikut ini kami hadirkan beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih mesin pompa, antara lain

Kedalaman Air

Mengetahui kedalam air sangat penting untuk menentukan seberapa besar daya pompa air yang akan dibeli. Kedalaman permukaan air lain berbeda dari kedalaman sumur. Pipa untuk sumur bisa saja ditanam sedalam 30 m walau permukaan airnya hanya sedalam 3 m. Biasanya yang luput dari perhitungan adalah menyusutnya tinggi permukaan kedalaman air pada saat musim kemarau.

Jenis Pompa

Apabila Anda memiliki sumur dengan kedalaman permukaan air yang kurang dari 7 m, maka Anda bisa memilih pompa untuk sumur dangkal. Sementara jika kedalaman ada di  7 sampai 9 m sebaiknya memilih semi jet pump. Untuk permukaan air yang lebih dari 9 sampai 20 meter, pilihlah jenis jet pump. Apabila kedalaman sudah mencapai lebih dari 20 m maka jenis yang bisa dipilih adalah submersible.

Spesifikasi

Dengan mengetahui spesifikasi pompa, Anda dapat menentukan apakah produk tersebut ssuai dengan kondisi air di lokasi atau tidak. Umumnya, produsen menggunakan standar kedalaman permukaan air maksimal yang bisa terhisap. Daya hisap maksimal belum tentu bisa optimal untuk kondisi air di tempat Anda. Contoh spesifikasi tertera 11 m pada tipe semi jet pump, padahal oenggunaan tipe ini ideal untuk kedalaman 7 sampai 9 m saja.

Baca Juga:  Mengenal Teknik Kerja Chain Saw Atau Gergaji Mesin

Kebutuhan Daya

Sangat dianjurkan Anda memilih pompa yang sesuai dengan voltase di rumah, jangan sampai melebihi. Perhatikan pula kebutuhan daya listrik yang digunakan agar tagihan listrik Anda tidak melonjak. Daya listrik yang lebih tinggi tidak berbanding lurus dengan kedalaman menghisap air, melainkan berkaitan dengan volume air per jamnya. Untuk pompa sumur dangkal biasanya ada di kisaran 125 – 200 watt, sementara tipe semi jet pump 100 – 250 watt. Berbeda pada pompa jet pump dimana kebutuhan listrik yang tinggi memang digunakan untuk daya hisap yang memang lebih dalam.

Posisi Tower

Ketinggian penyaluran air juga wajib diperhitungkan karena sangat berkaitan dengan spesifikasi dari pompa air (Total Head). Usahakan meletakkan posisi mesin pompa serendah mungkin dengan sumur.

Sirkuit Pemutus Arus

Sebagai pertimbangan keamanan, pilih pompa yang dilengkapi dengan pemutus arus ketika pompa kelebihan beban. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebakaran ketika pompa terlalu panas.

Baca juga: Rekomendasi Merk Pompa Air untuk Penggunaan Rumahan

Kebisingan

Saat akan membeli, sebaiknya Anda mencoba dahulu mesin yang dipilih. Apabila terdengar suara yang kasar, Anda bisa mencoba untuk mengganti dengan mesin lainnya namun masih produk yang sama. Suara yang kasar bisa dipicu oleh komponen yang bermasalah.

Kebutuhan Debit Air/Jam

Anda bisa mencoba menghitung kebutuhan air terlebih dahulu dengan membuat perkiraan debit air yang diharap. Selanjutnya sesuaikan pada kapasitas air di label spesifikasi produk pompa. Hal ini karena dengan daya listrik yang setara, Anda bisa mendapat pompa dengan kapasitas lebih tinggi sehingga dapat menghemat waktu sekaligus listrik.

Budget

Mungkin bisa Anda pertimbangkan pertama kalinya, anggaran menjadi hal utama yang ada dalam pikiran Anda. Harga yang mahal juga menentukan kualitas motor dan masa pakainya. Harga yang mahal terkadang juga terbayar oleh penghematan listrik yang cukup signifikan.

Baca Juga:  Inspirasi Material Penghias Dinding; Ada Wallpaper Dinding Hingga Batu Bata

Beberapa pertimbangan memilih pompa air di atas dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan. Anda juga  bisa berkonsultasi pada ahlinya untuk menentukan seperti apa instalasi air yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More