Tips Memilih Pompa Air Sesuai Kebutuhan

Pompa air merupakan peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suplai air bersih PDAM. Banyak rumah tangga mengguakan pompa air untuk memenuhi kebutuhan mendapatkan air bersih. Ada banyak jenis pompa air yang bisa Anda pilih, namun sebaiknya gunakan pompa air terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Memilih pompa air terbaik sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan mengetahui informasi akurat sebelum membeli. Nah, berikut ini tips memilih pompa yang tepat sesuai kebutuhan.

Baca juga: DAFTAR LENGKAP PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA YANG WAJIB ADA

Perhatikan Kedalaman Air

Pastikan kedalaman air dari  permukaan tanah, banyak orang yang seringkali salah mengenai kedalaman air. Jika sumber air yang digunakan adalah sumber air lama, Anda bisa mengukurnya sendiri ketinggian air dengan cara menggunakan paku yang diikat benang.

Selain itu pertimbangkan pula kemungkinan penurunan permukaan air saat musim kemarau dengan menambahkan 1-2 meter dari ukuran saat musim hujan.

Pilihan Jenis Pompa

Jika kedalaman air kurang dari 7 meter, bisa gunakan pompa sumur dangkal. Sedangkan untuk kedalaman 7-9 meter sebaiknya gunakan pompa sumur dangkal yang tipe semi jet pump. Jika kedalamannya lebih dari 9 meter bisa gunakan pompa jenis jet pump. Menggunakan pompa jenis ini minimal harus memiliki diameter 4” hal ini dilakukan agar ventury jet bisa masuk ke dalam sumur. Ciri-ciri pompa ini memiliki dua buah lubang bagian inletnya.

Perhatikan Spesifikasi Pompa

Spesfikasi pompa bisa dibandingkan kedalaman permukaan air dengan daya hisapnya. Umumnya standar yang digunakan adalah kedalaman pada perukaan air maksimal, yaitu dimana air dapat terhisap. Sedangkan maksimalnya belum tentu optima, karena pada daya hisapnya yang maksimal.

Perhatikan Voltase

Sebaiknya pilih pompa yang sesuai dengan volatse di rumah.

Sesuaikan Daya Listrik Dan Kedalaman

Jenis pompa sumur dangkal memiliki daya sebesar 125 atau 200 watt, sedangkan semi jet pump 100 atau 250 watt. Perlu diketahui bahwa daya listrik yang besar bukan berarti dapat menghisap dalam. ukuran daya hanya mempengaruhi kapasitasnya.

Ketinggian Tower

Perhatikan seberapa tinggi air akan disalurkan. Hal ini perlu untuk mempelajari spesifikasi pompa. Daya dorong pompa dipengaruhi juga oleh berapa dalam kemampuan hisapnya. Jika semakin pendek daya hisapnya maka semakin jauh daya dorongnya. Oleh karena itu usahakan menyimpan pompa dengan kondisi sumur serendah mungkin.

Sesuaikan Dengan Daya Listrik DI rumah

Pilihlah jenis pompa yang sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah. Perlu diketahuo saat pompa start melalui kurang lebih 15-2 kali daya normalnya. Contohnya jika input 100 watt artinya konsumsi listrik 1,5-2 kali dari itu dan outputnya 0,25 KW.  Jika daya listirk di rumah Anda 900 watt bisa gunakan pompa yang 375 watt, namun perlu dipertimbagkan meningkatkan daya 1300 watt.

Masih banyak yang bisa dijadikan bahan pertimbangan memilih jenis pompa air terbaik, seperti: pilih yang memiliki pemutus arus, perhatikan debit perjam, pilih yang suaranya halus dan sesuaikan dengan budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *