Tips Memilih Pemanas Air Atau Water Heater Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Mesin pemanas air atau water heater bisa menjadi solusi berendam/ mandi air panas. Pemanas air ini dibutuhkan untuk sebagian orang terutama yang diam di daerah yang memiliki iklim dingin.Namun seiring perkembangan dan kebutuhan banyak orang, water heater banyak digunakan juga oleh masyarakat yang tinggal di daerah tropis, seperti di Indonesia.

Mandi menggunakan air hangat dipercaya dapat meringankan sakit seperti: pegal-pegal, batuk, flu, meringankan stress, migrain dan membuat tidur lebih berkualitas. Di setiap negara memiliki jenis water heaternya masing-masing, contohnya: di Amerika Serikat dan China pemanas air yang popular adalah yang menggunakan tenaga gas. Di Jepang menggunakan tenaga listrik. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis pemanas air yang digunakan. Lebih jelasnya berikut ini tipe water heater yang ada di Indonesia.

baca juga: JENIS-JENIS MESIN PEMANAS AIR UNTUK KAMAR MANDI

Pemanas Air Gas

Pemanas air gas memiliki prinsip kerja yang sama saat kita memasak air menggunakan kompor gas. Perbedaannya air yang disimpan ke dalam pipa-pipa yang meliuk-liuk dengan sirip-sirip seperti radiator. Bagian bawahnya dibakar menggunakan gas LPG.Penggunaan pemanas air gas ini bisa menggunakan gas yang dipasang langsung melalui pipa menuju rumah.

Kelebihan menggunakan mesin pemanas air gas ini bisa digunakan kapanpun walau listrik mati atau mendung. Kekurangan pemanas ini adalah proses pemasangannya yang rumit, jika pemasangannya kurang tepat, beresiko bocor.

Pemanas Air Listrik

Pemanas air ini cara kerjanya hampir mirip saat kita memasak air menggunakan teko listrik. Air ditampung di sebuah tangki berisolasi yang sudah dilengkapi dengan pipa elemen pemanas listrik yang bentuknya melingkar. Panas yang terjadi akan diserap oleh air yang sudah diisi ke dalam tangki tersebut.

Agar lebih aman perlu diperhatikan pengamanan listrik dari pemanas tersebut. Pengguna wajib memakai Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB). Harga pemanas ini tergantung kapasitas air yang dihasilkan, harganya bisa jutaan rupiah hingga puluhan juta. Besarnya daya listik yang dibutuhkan pemanas ini antara 1500 watt- 5000 watt.

Kelebihannya lebih praktis karena tinggal dipasang ke stop kontak langsung bisa dipakai, sudah dilengkapi remote control sehingga tabungnya bisa disembunyikan. Sayangnya pemanas ini membutuhkan daya listrik yang besar.

Solar Water Heater

Kerja pemanas ini menggunakan konsep radiasi. Kaca yang digunakan fungsinya untuk memerangkap panas matahari sebagai pemanas air yang ada di dalam pipa. Pemanas ini lebih hemat listrik karena menggunakan tenaga matahari dan cocok digunakan untuk daerah yang memiliki iklim panas. Namun sayangnya pemasangannya sangat ribet dan tergantung panas matahari.

Water Heater AC

Pemanas ini memanfaatkan panas dari AC kemudian panas yang keluar dari kompresor AC digunakan untuk memanaskan air. Kelebihan mesin pemanas air ini lebih hemat energi dan hemat biaya karena memanfaatkan panas dari buangan AC. Namun sayangnya jika AC mati pemanas inipun ikut mati..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *