Tips Memilih Mesin Vacum Sealer

Ada banya produk untuk menyimpan makanan di pasaran, seperti alumunium foil, plastik pembungkus, serta ada juga plastik ‘zip lock’. Benda-benda tersebut memang bisa digunakan untuk menyimpan makanan, akan tetapi kurang efektif dikarenakan hanya bisa dipakai beberapa hari saja karena tidak kedap udara. Oleh sebab itu, penggunaan mesin vacum sealer lebih efektif untuk menyimpan makanan dalam rentang waktu yang lebih lama tanpa mengurangi kualitas makanan yang disimpan.

Mesin Vacum ini akan mengeluarkan udara dari dalam kantong penyimpanan, karena tidak ada oksigen dalam wadah, maka jamur, serangga, atau mikroba tidak akan muncul. Tak hanya digunakan untuk menyimpan makanan, mesin ini juga bisa dipakai untuk membungkus majalah, surat, atau barang lainnya yang butuh perlindungan dari debu. Dan berikut ini adalah tips memilih mesin sealer vacum yang tepat:

Baca juga: JENIS-JENIS VACUM SEALER DAN TIPENYA

Surroundings Penyegelan

Mesin vacum memiliki fungsi untuk mengeluarkan udara dari dalam kantong, kaleng, dengan memberikan tekanan udara sebelum pemanas pada mesin sealer menutup rapat kemasan. Beberapa jenis mesin didesain memiliki pengatur waktu dalam proses penyegelan yang cocok untuk benda cair. Oleh karena itu, jika ingin menyimpan benda-benda likuid atau cair bisa pilih mesin dengan pengaturan waktu.

Portabilias

Periksa kebutuhan penggunaan mesin, apakah membutuhkan mesin vacum yang dapat dibawa kemana saja atau hanya butuh mesin vacum untuk keperluan rumah tangga saja? Jika membutuhkan mesin vacum untuk kebutuhan rumah tangga, maka bisa memilih jenis mesin counter-high. Mesin jenis ini bisa dipakai untuk mengemas beragam produk seperti sayur, buah, atau benda-benda cair seperti susu dan jus. Apabila ingin mesin yang bisa dibawa kemana-mana, ada juga pilihan mesin vacum portable akan tetapi mesin ini menggunakan baterai dan hanya dapat digunakan untuk mengemas zip lock saja. Untuk mesin vacum portable juga kurang rapat jika dibandingkan dengan mesin berjenis counter high.

Fitur Tambahan

Fitur tambahan pada mesin sealer memang jarang ditemui. Ada beberapa mesin yang memang menggunakan fitur tambahan berupa multi-speed, sedangkan yang lainnya ada fitur sistem pengaman kebocoran serta dishwasher-protected. Ada juga mesin sealer yang memiliki tempat penyimpanan cutter serta roll sehingga lebih praktis. Ada juga mesin sealer yang khusus digunakan untuk menyimpan dokumen, mesin ini memiliki fitur penghilang debu sehingga cocok digunakan untuk mengemas surat berharga dan dokumen penting.

Penggunaan

Apabila dilihat dari segi desain, ada beberapa hal penting yang bisa diperhatikan dalam penggunaanya. Hampir semua mesin vacum sealer memiliki penyedot debu untuk kantong, akan tetapi juga ada mesin yang memiliki vacum untuk kaleng, khususnya mesin yang memiliki kompresor eksternal. Oleh sebab itu, pilih vacum yang memang sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya.

Itulah beberapa tips dalam memilih mesin vacum sealer sehingga mempermudah penggunaan. Pilih mesin yang memang sesuai dengan kebutuhan agar penggunaannya bisa tepat guna dan tepat manfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *