Tips Memilih Mesin Pompa Air Sesuai dengan Kebutuhan

Tips Memilih Mesin Pompa Air Sesuai dengan Kebutuhan

Untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari biasanya masyarakat banyak yang menggunakan pompa air. Bahkan meskipun kini telah banyak tersedia jasa penyedia air bersih namun banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan pompa air. Saat ini berbagai jenis mesin pompa air hadir di pasaran dengan beragam merk maupun tipe. Tentunya jenis pompa air tersebut bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan baik untuk rumah tangga maupun industri. Sebagai konsumen sebaiknya anda perlu cermat dalam memilih pompa air. Caranya dengan mempunyai informasi yang lengkap seputar pompa air sebelum membelinya. Dengan begitu anda tidak akan bingung ketika akan membeli pompa air. Untuk memudahkan anda dalam memilih pompa air maka berikut akan diberikan tips-tipsnya untuk anda.

Tips Memilih Mesin Pompa Air Sesuai dengan Kebutuhan

  1. Kedalaman Air
    Tips memilih mesin pompa air yang pertama yaitu dengan mengukur kedalaman air dari permukaan air hingga dasar sumur air tanah sesuai lokasi untuk pemasangan pipa pompa air. Supaya informasi mengenai kedalaman permukaan air hasilnya tepat dan sesuai maka and abisa menggunakan tali yang diberi pemberat untuk mengikur kedalaman air tersebut. Untuk sumur yang tidak terlalu dalam maka anda bisa menggunakan bambu atau kayu untuk mengukur kedalaman air dan sumurnya. Bila anda masih mengalami kesulitan maka silakan bertanya pada tukang service atau tukang sumur pompa.
  2. Jenis Pompa Air
    Perlu anda ketahui jika kedalaman air di permukaan yang kurang dari 7 meter maka anda bisa memilih mesin pompa air untuk sumur yang dangkal baik yang non otomatis ataupun yang otomatis. Sedangkan untuk kedalaman air antara 7-9 meter maka anda bisa menggunakan pompa air jenis semi jet pump. Namun jika kedalaman airnya antara 20-30 meter atau jenis sumur bor maka silakan gunakan pompa air jet pump.
  3. Spesifikasi Mesin Pompa
    Saat memilih mesin pompa air maka ketahui spesifikasi pompa air tersebut dengan membandingkan kedalaman permukaan air dengan daya hisap pompa. Biasaya standar yang dipakai oleh produsen pompa air yaitu kedalaman permukaan air yang maksimal saat air bisa terhisap. Namun maksimal belum tentu hasilnya akan optimal sehingga anda harus benar-benar mengetahui spesifikasi pompa tersebut lalu silakan sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  4. Suara Pompa
    Pastikan memilih pompa air dengan suara yang tidak terlalu kasar atau keras sebab mesin yang terlalu keras bisa jadi laker mesin sudah mengering serta tidak terdapat pelumas.
  5. Volume Air
    Cari tahu pula volume air yang bisa dihasilkan oleh pompa air tersebut setiap jamnya. Namun untuk kebutuhan rumah tangga biasanya hal ini tidaklah terlalu penting sebab kebanyakan pompa air sudah bisa mencukupi kebutuhan air rumah tangga.
  6. Budget
    Dalam memilih pompa air sebaiknya sesuaikan dengan budget namun pastikan memilih pompa air yang terbukti berkualitas. Sebab yang terbukti berkualitas akan lebih tahan lama meskipun harganya tidaklah begitu mahal.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai tips memilih mesin pompa air yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin membeli pompa air maka silakan terapkan tips-tips di atas. Dengan demikian anda bisa lebih mudah dalam memperoleh pompa air yang anda butuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *