Tips Memilih Mesin Penggiling Kopi

Tips Memilih Mesin Penggiling Kopi

Bagi Anda para pecinta kopi, Mesin Penggiling kopi atau coffee grinder merupakan alat yang wajib dimiliki untuk bisa membuat kopi terbaik sewaktu – waktu. Mesin grinder ini biasa digunakan untuk menghaluskan atau menggiling kopi yang sudah dipanggang sebelumnya. Pada dasarnya mesin ini berfungsi layaknya blender biasa. Terdapat mata pisau di bagian bawahnya yang berfungsi untuk menggiling atau menghaluskan biji kopi yang telah dipanggang (roasted). Kemudian diatasnya terdapat sebuah penutup yang berbentuk seperti kerucut, berbahan plastik yang berfungsi untuk memasukkan biji kopi, dan disampingnya terdapat pipa yang berguna untuk menyalurkan serbuk kopi yang sudah selesai digiling.

Tips Memilih Mesin Penggiling Kopi

Karena beragamnya mesin penggiling kopi ini, untuk Anda yang ingin membeli mesin tersebut perlu mengetahui tips – tips memilih mesin penggiling kopi. Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Tentukan Pilihan Penggiling Kopi yang Tepat

Mesin penggiling kopi terdapat dua jenis yaitu jenis blade (pisau) dan burr. Anda harus bisa memilih mau beli model grinder coffee yang seperti apa, jika dana mencukupi Anda bisa membeli mesin penggiling kopi jenis burr yang memberikan hasil gilingan yang lebih lembut berkualitas baik. Namun jika dana belum mencukupi, Anda bisa membeli mesin penggiling kopi jenis blade, ya meskipun hasil penggilingannhya kurang halus.

  • Perhatikan tingkat kehalusan Hasil Gilingan Kopi yang Dihasilkan

Pilihlah mesin penggiling kopi yang mempunyai tingkat hasil penggilingan, seperti halus, sedang dan kasar. Karena hal ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan kopi yang terbaik sesuai keinginan seperti moka pot, syphon, french press, dan sebagainya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Mesin Coffee Terbaik untuk Ciptakan Kopi dengan Rasa dan Aroma Nikmat dalam Berbagai Varian

Namun jika Anda ingin membeli mesin kopi manual, tentu tidak perlu memperhatikan point ini.

  • Daya Tampungnya

Anda juga harus bisa menentukan daya tampung dari mesin penggiling kopi ini, jangan sampai Anda kecewa sendiri nantinya karena kapasitas mesin yang Anda beli tidak sesuai kebutuhan.

  • Wadah penampung Gilingan

Sekarang ini sudah banyak mesin penggiling kopi yang memiliki wadah hasil penggilingan, ya meskipun ada beberapa yang tidak sih. Nah jika Anda belum mempunyai wadah penampung hasil penggilingan, sebaiknya membeli mesin kopi yang sudah ada wadah penampungnya.

  • Kebutuhan daya listriknya

Untuk Anda yang ingin memiliki mesin penggiling kopi elctric, sebaiknya memperhatikan faktor pada kebutuhan daya listriknya. Jika cuma ingin digunakan di rumah sendiri sebaiknya pilih grinder coffee yang kebutuhan daya listriknya yang rendah agar tidak terlalu boros pemakaian listriknya.

Nah sekian ulasan tentang tips memilih mesin penggiling kopi. Dengan memiliki mesin penggiling kopi yang terbaik tentu akan menghasilkan gilingan kopi yang lebih berkualitas dan bisa memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Semoga ulasan artikel kali ini bermanfaat untuk Anda para pecinta kopi tentunya agar tidak salah dalam memilih mesin penggiling kopi yang sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *