Tips Memilih Mesin Pengemas Vacum Sealer Yang Berkualitas

Jika Anda memiliki usaha di bidang kuliner, tentu harus pandai mengelola makanan dan mengaturnya. Termasuk masalah packaging atau kemasan. Kemasan makanan tidak hanya mempengaruhi penampilan saja namun juga mempengaruhi ketahanan dan kualitas makanan.  Salah satu mesin pengemas yang berkualitas adalah vacum sealer.

Menggunakan mesin ini dapat menghasilkan hampa udara dimana dengan udara yang dihampakan bisa menyebabkan proses dioksidasi, perkembangan oksigen akan ditekan sehingga bakteri akan berkembang lebih lama dibandingkan dnegan proses pengoksidasi alami. Bakteri yang berkembang tanpa suhu ruangan bisa menyebabkan proses pembusukan lebih lama dari biasanya. Misalnya jika makanan tanpa dikemas dengan mesin hampa udara ini bisa busuk hanya dalam waktu 4 hari, sedangkan jika menggunakan mesin ini bisa awet hingga 15-20 hari. Namun tergantung dari jenis makanannya.

Jika dilihat berdasarkan fungsinya mesin vacum sealer sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis kulner. Harganya lumayan murah jika mengetahui fungsinya yang bisa menghemat, dibandingkan tidak memiliki mesin ini karena bahan-bahan makanan bisa cepat rusak dan terbuang artinya biaya pengeluaran lebih besar.

Baca juga: JENIS-JENIS VACUM SEALER DAN TIPENYA

Memilih peralatan ini bukanlah hal yang mudah, ada banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli alat ini. Lebih jelasnya simak poin-poinnya berikut ini:

  • Usahakan Anda membeli mesin yang konsepnya impulse yaitu dimana kawat pemanasnya dialiri listrik DC sebesar 6 volt dengan arus minimal 10 Ampere. Namun listriknya tidak tersu menerus mengalir. Dengan model kerja seperti ini dapat memperpanjang usia komponen kawat nikel yang terdapat pada mesin.
  • Belilah mesin yang dilengkapi dengan fitur pengatur timer yaitu pemutus arus. dengan adanya fitur ini panas yang dihantarkan ke sirkuit bagian utama tidak terlalu berlebihan, sehingga pada waktu di press plastik tidak akan rusak atau mudah copot. Hasil segelnya bisa sempurna.
  • Belilah mesin sealer yang sudah terpercaya dengan spesifikasi menengah ke atas. Karena ada juga mesin yang tidak memiliki garansi. Jadi sebaiknya pilih mesin yang memberikan kenyamanan dengan garansi sparepart dan mesin selama satu tahun. Hal ini untuk menghindari dari kerugian apabila mesin yang Anda miliki rusak.
  • Tips berikutnya memilih mesin yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan. Jka Anda menggunakannya untuk kebutuhan rumah tangga bisa gunakan mesin jenis portable. Sedangkan jika digunakan untuk industri sebaiknya gunakan yang lebih besar.
  • Tips terakhir memilih mesin yang tepat adalah pilihlah mesin yang harganya sesuai dengan budget yang sudah Anda alokasikan. Carilah mesin yang memberikan harga terbaik dengan kualitas yang baik pula.

Demikianlah ulasan singkat seputar tips memilih mesin vacum sealer yang tepat dan berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *