Tips Memilih Mesin Laundry Untuk Bisnis

Ada dua jenis mesin cuci yang dijual di pasaran, yang pertama adalah front load yaitu mesin cuci bukaan depan dan mesin cuci top load atau mesin bukaan atas. Jika mesin yang Anda cari untuk kebutuhan sehari-hari bisa gunakan jenis top load. Sedangkan jika mesin laundry bisa pilih jenis front load. Dalam artikel ini kita akan membahas mesin cuci yang digunakan untuk bisnis laundry.

Seperti kita ketahui sekarang ini bisnis laundry sedang menjamur, terutama di daerah yang padat penduduk, seperti di perkotaan. Bahkan di beberapa daerah sudah banyak orang yang menjalankan bisnis ini. Menjalankan bisnis laundry syaratnya adalah memiliki mesin cuci yang mampu menampung pakaian tsb.

baca juga: TIPS MEMILIH MESIN LAUNDRY UNTUK BISNIS CUCI KILOAN

Mesin cuci bagi para pembisnis laundry merupakan perlengkapan usaha yang sifatnya vital, oleh sebab itu memilih mesin cuci harus benar-benar tepat. Perlu diketahui bahwa ada 3 jenis mesin cuci pabrikan ( di luar mesin cuci rumahan) yang dijual di pasaran, yaitu:

  • Front lauding, mesin cuci pintu depan
  • Top lauding, mesin cuci pintu atas
  • Dual tabung, mesin cuci dua tabung dengan pintu di bagian atas.

Lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai kelebihan masing-masing ketiga jenis mesin cuci pabrikan tersebut.

Kelebihan Mesin Cuci Front Lauding

Kelebihan mesin laundry ini adalah cara pengoperasiannya sudah full otomatis. Pengguna tinggal menyalakan mesin tanpa harus basah-basahan. Bisa diprogram, disesuaikan dengan fitur yang terpasang pada mesin sehingga pengguna bisa mencocokkannya dengan jenis/ bahan pakaian yang akan di cuci.

Kelebihan Mesin Cuci Top Loading

Mesin top loading sebenarnya sudah full otomatis, karena aktivitas mencuci dan memeras sudah dilakukan oleh mesin. Pengguna tinggal memasukkan pakaian, lalu memprogram waktu pencucian. Setelah selesai, pakaian yang sudah dicuci tinggal dikeringkan. Perbedaan mesin cuci top lauding dan front lauding adalah pada bagian pintunya. Mesiki dari sisi desain dan kecanggihannya lebih unggul front lauding, namun dari segi harga top lauding lebih murah dibandingkan dengan front lauding.

Kelebihan Mesin Cuci Dual Tabung

Mesin cuci ini merupakan jenis mesin yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Cara menggunakannya full manual. Pengguna tinggal memasukkan pakaian ke dalam mesin kemudian menyetel waktu lamanya mencuci. Lalu otomatis mesin akan mencuci dengan sendirinya.

Dari ketiga jenis mesin cuci tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pilihan tepat memilih mesin cuci adalah menyesuaikan dengan kebutuhan pakaian yang akan dicuci. Misalnya jika bisnis laundry yang Anda jalankan masih dalam skala kecil bisa pilih jenis mesin cuci yang top lauding, karena selain kapasitasnya tidak terlalu banyak harganya juga lebih murah.

Namun jika bisnis yang dijalankan sudah skala besar, sebaiknya pilih mesin laundry yang mampu menampung banyak pakaian. Dengan adanya beragam pilihan tersebut semakin memudahkan memilh mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *