Tips Memilih Mesin Laundry Untuk Bisnis Cuci Kiloan

Ada banyak hal yang harus dijadikan bahan pertimbangan jika Anda hendak memilih mesin cuci. Tentu saja Anda harus benar-benar jeli memilih fitur dan karakteristik mesin laundry, karena jika Anda salah membeli, tentu akan menyesal suatu hari nanti. Apalagi mesin yang Anda beli tujuannya untuk bisnis, harus benar-benar jeli.

Bisnis laundry saat ini menjadi salah satu bisnis yang popular di masyarakat, terutama di daerah perkantoran dan kos-kosatan. Malah beberapa usaha laundry berkaitan dengan usaha lainnya, seperti: rumah sakit dan hotel. Ada banyak merk, spesifikasi sampai harga mesin laundry yang ditawarkan di pasaran. Namun penting untuk mempertimbangkan mesin yang cocok untuk  bisnis laundry.

Seperti kita ketahui, menjalankan usaha laundry kiloan berarti melakukan kegiatan usaha dalam hal mencuci, mengharumkan, mengeringkan dan menyetrika pakaian. Biasanya harganya dihitung perkilo.

Nah, untuk menjalankan usaha laundry ada beberapa siasat yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memilih Mesin Cuci Yang Tepat

Mesin cuci yang tepat untuk bisnis laundry adalah yang memiliki 2 tabung. Walaupun sebenarnya mesin ini cocok untuk pekerjaan laundry. Namun jenis mesin ini bisa dijadikan solusi bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Karena harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis mesin cuci 1 tabung. Baik yang jenisnya top loading ataupun front loading.

Namun, sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis mesin cuci. Berikut penjelasannya:

  • Mesin cuci 1 tabung memiliki kelebihan lebih praktis, karena Anda tidak perlu memindahkan cucian dari satu tabung ke tabung lainnya untuk mengeringkan pakaian. Karena pengeringnya sudah sekaligus pada tabung yang sama. Selain itu ukuran dan desainnya terlihat modern dan elegant.
  • Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung, Anda harus memindahkan pakaian ke tabung yang lainnya untuk proses mengeringkan pakaian.

Perhatikan Kapasitas Mesin Cuci

Jika Anda memiliki anggota keluarga 2 – 4 orang bisa menggunakan mesin cuci dengan kapasitas maksimal 8 kg. sedangkan jika lebih dari 4 orang sebaiknya gunakan mesin dengan kapasitas lebih dari 10 kg. Nah, kapasitas mesin yang bisa menampung lebih dari 10 kg adalah jenis mesin cuci yang cocok digunakan untuk bisnis laundry. Selain itu mesin dengan kapasitas besar, mampu mencuci handuk, selimut, bed cover, gorden dsb.

Mengganti Mesin Pengering

Jika usaha laundry yang Anda jalani skala kecil, bisa mengganti mesin pengering dengan menggunakan cahaya matahari. Namun, kelemahan menggunakan pengering cahaya matahari adalah pada waktu hujan atau cuaca mendung. Pakaian akan lama keringnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba ikuti jika sedang mencari mesin laundry untuk kegiatan bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *