Tips Memilih Mesin Cutting yang Tepat untuk Kerajinan

Tips Memilih Mesin Cutting yang Tepat untuk Kerajinan

Membeli mesin pemotong atau mesin cutting untuk kerajinan bisa menjadi keputusan besar. Ada beberapa jenis mesin pemotong yang berbeda di pasaran dan semuanya memiliki fitur yang sangat unik. Kebanyakan perajin memilih untuk membeli mesin Silhouette atau Cricut, tetapi ada lebih banyak pilihan di luar sana. Pilihan Anda akan sangat bergantung pada jenis kerajinan yang ingin Anda lakukan dan fitur jenis apa yang Anda inginkan dalam mesin.

 Tips Memilih Mesin Cutting yang Tepat untuk Kerajinan

Jika Anda berencana ingin melakukan pembelian mesin pemotong untuk kerajinan, maka Anda dapat untuk mengetahuinya melalui beberapa ulasan dibawah yang akan membahas mengenai jenis mesin pemotong dan fitur yang dimilikinya, sehingga Anda dapat untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Dengan mengetahui kebutuhan Anda, maka Anda tidak akan salah dalam memilih mesin pemotong kerajinan. 

Berikut ini jenis mesin pemotong yang ada di pasaran:

  • Mesin siluet.

Mesin siluet sangat bagus untuk orang yang suka merancang dan memanipulasi proyek mereka sendiri. Ada kurva belajar kecil ke peranti lunak Desain Studio, tetapi Anda dapat dengan mudah mengubah proyek agar sesuai dengan kebutuhan Anda dengan menghapus sesuatu di sana-sini, menambahkan teks atau menggambar baris baru.

  • Mesin cutting Silhouette Cameo.

Silhouette Cameo adalah mesin yang dapat digunakan untuk memotong berbagai media seperti vinyl, cardstock, vellum, acetate, kertas, karton tipis dan banyak lagi. Area pemotongan adalah 12×12, tetapi itu akan memotong item yang lebih panjang dengan memasukkannya ke dalam mesin tanpa matras.

  • Potret Siluet.

Portrait memiliki banyak fitur yang sama dengan Cameo, tetapi memiliki kemampuan lebar 8-inci. Anda bisa mendapatkan mesin ini dengan harga yang lebih rendah dan itu akan memakan sedikit ruang di area kerajinan Anda. Namun, jika Anda berpikir Anda akan ingin melakukan proyek 3D yang lebih besar seperti kotak atau tas hadiah atau memotong huruf vinil tinggi, pergi ke Cameo.

Selain dari ke 3 mesin yang ada di atas, maka ada mesin Cricut terbaru dan terhebat yang dapat memproduksi proyek – proyek turnkey dengan mudah dan karena itu pemotongan yang tenang. Cricut telah membuat perangkat lunak yang disederhanakan dan Anda dapat membeli file langsung dari mereka dengan biaya minimal atau Anda dapat mengunggah file SVG Anda sendiri. Anda juga dapat memotong font apa pun yang diinstal di komputer Anda.

  Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Memotong hingga 11,5×23,5 dan cukup mudah untuk mereplikasi proyek dari file yang Anda beli. Meskipun peranti lunak desainnya cukup mudah dipelajari, tetapi sekarang memungkinkan banyak manipulasi terhadap proyek Anda sendiri. Jika Anda adalah tipe perancang, Anda akan kecewa dengan fitur desain perangkat lunak yang terbatas. Juga perhatikan bahwa Anda harus memiliki internet untuk menggunakan mesin cutting jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *