Tips Memilih Mesin Cuci Terbaik yang Perlu Diperhatikan

Perangkat rumah tangga menjadi perlengkapan yang penting untuk dimiliki secara lengkap karena manfaatnya yang sangat memudahkan kerja manusia terutama untuk ibu rumah tangga. Salah satu perlengkapan rumah tangga yang dibutuhkan adalah sebuah mesin cuci untuk membantu ibu atau asisten rumah tangga dalam membersihkan pakaian anggota keluarga dengan cepat dan lebih bersih. Saat ini sudah banyak vendor yang membuat produk mesin cuci dengan kisaran harga yang sangat variatif. Meski begitu, Anda tak boleh memilih vendor sembarangan karena bisa mempengaruhi kualitas dari mesin cuci. Lalu bagaimana cara memilih mesin cuci terbaik?

Sebuah mesin cuci dikatakan baik dan bermanfaat jika memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

  • Fungsional yaitu memiliki manfaat untuk membersihkan pakaian dari serat halus hingga pakaian tebal dengan cara yang memudahkan manusia. Dalam hal ini diharapkan manusia hanya melakukan kerja yang minimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebaiknya tanpa perlu melakukan cuci manual kembali dengan tangan, noda membandel akan hilang sempurna.
  • Hemat.

Hemat dalam hal ini bisa dilihat dari berbagai segi misalnya adalah kebutuhan daya listrik. Semakin rendah kebutuhan dayanya maka semakin hemat biaya listrik yang akan dikeluarkan. Selain hemat listrik, mesin cuci terbaik juga sebaiknya hemat dalam kebutuhan air serta sabun cuci untuk menghasilkan cucian yang bersih serta wangi.

  • Tidak bising.

Mesin cuci yang baik memiliki kerja motor yang tidak berisik apalagi mengakibatkan mesin cuci bergoyang-goyang. Jika perlu Anda bisa bertanya pada teman atau kerabat tentang kualitas mesin cuci yang mereka gunakan agar mengetahui merk mana yang mesin cucinya tidak berisik.

  • Awet.

Semakin awet suatu produk maka semakin hemat pengeluaran yang bisa dikeluarkan. Keawetan bisa dilihat dari daya tahan produk bisa juga dilihat dari minimnya perawatan yang dilakukan.

Sedangkan untuk memilih merk mesin cucinya, sebaiknya Anda memilih merk yang terkenal handal dan terpercaya yang telah digunakan selama bertahun-tahun. Selain itu dengan menggunakan merk yang terkenal, diharapkan mesin cuci memiliki spare part yang telah tersebar sehingga mudah untuk dicari. Pada kerusakan di masa-masa awal pembelian, diharapkan terdapat tempat service resmi yang mudah dijangkau di kota Anda agar memudahkan perawatan.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih mesin cuci terbaik untuk keperluan rumah tangga maupun industri laundry. Selain dari kualitas dan merk, Anda juga bisa memilih berdasarkan jenis mesin cuci karena saat ini sudah ada beberapa mesin cuci yang memiliki 1 atau 2 tabung. Perbedaannya ada pada sistem pengeringan yang dilakukan karena dengan satu tabung Anda tak perlu memindah cucian untuk mengeringkan pakaian sehingga menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *