Tips Memilih Jenis Pompa Air yang Tepat untuk Sumur

Memiliki sebuah sumber air sendiri memang lebih nyaman dan efisien dibandingkan harus menyalur ke sumber air umum. Hal ini dikarenakan seringkali adanya kendala yang terjadi pada sumber air umum seperti penghentian aliran serta pembayaran yang harus dilakukan setiap bulan. Jika Anda memiliki sumur sendiri maka Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan tanpa harus membayar lagi pemakaian air yang dilakukan. Namun tentu saja untuk memiliki sumur sendiri, Anda harus mengeluarkan biaya di awal untuk pembuatan sumur serta pembelian pompa air.

Sebelum membuat sumur, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu mengenai kedalaman air di lingkungan sekitar. Dengan begitu Anda bisa menghitung besar uang yang diperlukan untuk pembuatannya. Kedalaman air juga akan mempengaruhi pemilihan mesin pompa yang dibutuhkan. Ada baiknya Anda membeli mesin pompa setelah sumur dibuat dan berhasil menemukan mata air. Untuk membelinya, berikut ini ada beberapa point atau tips agar Anda memilih mesin pompa yang benar dan bisa digunakan secara maksimal.

Selain kedalaman air, masih ada beberapa point lagi yang perlu diperhatikan untuk pemilihan mesin pompa yaitu:

  • Kebutuhan daya listrik pompa.

Point berikut ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa mempengaruhi bisa atau tidaknya mesin dinyalakan di rumah Anda. Pilihlah pompa air yang memiliki kebutuhan daya listrik lebih rendah dibandingkan total kapasitas daya listrik yang disediakan di rumah Anda. Dengan begitu bukan hanya Anda bisa menghemat listrik namun juga masih bisa menyalakan beberapa alat elektronik lain sembari menyalakan mesin.

  • Daya pompa.

Jika Anda membutuhkan air untuk kebutuhan industri, maka menghitung atau memperhatikan kapasitas daya hisap pompa dalam satu jam bisa Anda jadikan alternatif pemilihan. Anda bisa membaca di brosur kemasan mengenai daya pompa atau hisap mesin sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar maka waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi kapasitas air tertentu akan semakin cepat. Namun hal in juga dipengaruhi oleh perangkat lainnya seperti besar peralon yang digunakan.

  • Suara pompa.

Mesin pompa kerap memiliki suara yang cukup bising apalagi jika letak pompa tersebut berada tak jauh dari tempat Anda beristirahat. Sebaiknya memiliki jenis pompa tanam sehingga suara bisa diminimalisir. Namun jika tidak maka Anda bisa memilih jenis pompa hisap yang mengeluarkan suara lebih minim.

Tips untuk memilih pompa air tersebut di atas bisa Anda praktekkan agar mendapatkan mesin pompa yang sesuai dengan kebutuhan. Meski sudah memiliki sumber air sendiri namun usahakan untuk tetap menggunakan air dengan bijaksana karena masih banyak orang yang harus mengantri dan membayar mahal untuk mendapatkan air bersih. Jagalah mesin pompa dengan tidak menggunakannya secara terus menerus pada waktu yang cukup lama agar mesin tidak panas dan terbakar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *