Tips Memilih Alat Pemanggang Roti

Pemanggang roti adalah peralatan dapur yang fungsinya untuk menyiapkan roti. Selain roti ada beberapa jenis pemanggang yang digunakan untuk hidangan lain, seperti: ayam panggang, sandwich, pizza dll.

Tips Memilih Pemanggang

Bagi Anda yang sedang bingung memilih alat pemanggang roti untuk di rumah, berikut ini tips memilih pemanggang yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Ukuran

Memilih besar kecilnya pemanggang harus disesuaikan dengan dimana pemanggang tersebut akan diletakkan. Untuk mengetahui ukuran pemanggang yang tepat adalah dengan mengetahui ukuran dimensi pemanggang yaitu panjang, lebar dan tingginya.

Memilih pemanggang yang ukurannya tepat menentukan apakah alat tersebut sesuai dan pantas disimpan di tempatnya. Yang harus diperhatikan adalah menyimpan pemanggang tidak boleh bersebelahan dengan benda atau peralatan dapur lainnya yang bisa rusak karena panas. Selain itu simpan pemanggang dari jangkauan anak-anak dan gunakan alas tahan panas agar di bagian bawahnya tidak meninggalkan bekas.

  • Kapasitas

Kapasitas adalah berapa banyak pemanggang dapat menampung roti atau bahan lainnya yang akan dipanggang. Biasanya ukurannya dihitung dengan satuan meter kubik atau per kaki kubik. Anda bisa memilih pemanggang sesuai kebutuhannya masing-masing. Jika kapasitas pemanggang sebesar 0,6 kubik biasanya bisa digunakan untuk memanggang satu ekor ayam utuh.

  • Rak Loyang Dan Baki

Ada beberapa jenis pemanggang yang sudah dilengkapi dengan Loyang atau baki remah. Biasanya berupa satu rak kawat yang bisa dipasang dan dicopot. Loyang adalah alat yang digunakan untuk menyimpan roti atau bahan lainnya yang akan dipanggang. Sedangkan baki digunakan untuk menampung sisa-sisa pemangganggan. Dengan adanya alat tersebut membuat proses membersihkannya menjadi lebih mudah.

Baca juga: RAGAM PEMANGGANG ROTI MURAH

  • Fungsi Pemanasan Ganda

Pilih pemanggang yang sudah dilengkapi dengan pemanasan ganda. Fungsi pemanasan yang paling umum adalah membakar dan memanggang. Dengan adanya fitur tersebut maka peralatan panggang yang Anda pilih bisa digunakan untuk menyiapkan atau memanggang jenis makanan yang lain.

  • Hemat Energi

Pertimbangan yang terakhir saat memilih pemanggang adalah daya listrik yang digunakan. Semakin kecil alat pemanggang maka waktu pemanasan awalnya lebih cepat. Sama halnya pemanggang yang memiliki dinding tebal, bisa mengisolasi panas lebih baik dibandingkan dengan pemanggang yang dindingnya tipis.

Jenis Pemanggang Roti

Secara umum ada dua jenis alat pemanggang roti, yaitu pemanggang roti konvensional dan tradisional. Pada pemanggang konveksi proses memanggangnya lebih cepat karena hawa panas di dalam digerakkan dengan kecepatan tertentu sehingga pemanasannya lebih rata. Jenis pemanggang ini sekarang banyak digunakan karena lebih praktis dan hemat energi hingga 50%.

Dari setiap model dan jenis pemanggang tersedia dalam beberapa fitur yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Fitur-fitur tersebut mempengaruhi harga pemanggang roti yang Anda pilih. Biasanya semakin lengkap fiturnya, maka harganya pun lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *