Tips Membersihkan Mesin Mobil Dilengkapi Perawatan Sederhana

Tips Membersihkan Mesin Mobil Dilengkapi Perawatan Sederhana

Mungkin ada di antara Anda yang bertanya-tanya, perlukan ruang mesin mobil dibersihkan? Bukankah bagian ini tidak terlihat, untuk apa dibersihkan? Ternyata bagian jerohan ini juga perlu untuk diperhatikan kebersihannya. Hal ini untuk mencegah adanya hambatan pada proses pelepasan panas mesin akibat menumpuknya kotoran dalam ruang mesin mobil dari debu halus ataupun lelehan oli. Selain itu juga untuk mencegah keausan dini pada komponen, meringankan kerja electric fan dalam mendinginkan mesin dan menjaga kelistrikan tetap berfungsi.

Tips Membersihkan Mesin Mobil Dilengkapi Perawatan Sederhana

Tips Membersihkan Mesin Mobil

Membersihkan mesin mobil bisa dikatakan gampang-gampang susah mengingat banyaknya komponen dengan lekukan dalam. Belum lagi dengan adanya kabel, selang dan tabung yang harus diperhatikan posisinya agar fungsi mesin tidak terganggu. Namun alat untuk mencuci mesin ini mudah untuk didapat dan harganta terjangkau. Inilah hal yang bisa Anda siapkan untuk membersihkan mesin kendaraan antara lain air mengalir, sabun colek, minyak tanah, silikon, belt dresser dan greaser. Tips membersihkan mesin mobil antara lain:

Lokasi

Lokasi untuk mencuci mobil ternyata juga perlu dipersiapkan. Usahakan tempat yang sejuk, cukup cahaya, tidak berdebu dan jauh dari api untuk menghidari hal yang tidak diinginkan. Mengingat yang akan dibersihkan adalah bagian mesin, maka keamanan juga perlu Anda perhatikan.

Persiapan

Pastikan mesin mobil sedang dalam kondisi dingin untuk menghindari terjadinya deformasi (perubahan bentuk) komponen. Biasanya, mencuci mobil pun dilakukan pada saat pagi hari sebelum mesin dipanasi. Atau, Anda juga bisa menunggu hingga mesin dingin baru mulai mencuci.

Baca juga: Gejala Awal Kerusakan Mesin Mobil yang Harus Diwaspadai

Proses Pencucian

Bersihkan terlebih dahulu kotoran yang terlihat pada bagian mesin seperti lelehan oli di ruang mesin ataupun di bagian kap mesin. Anda bisa menggunakan minyak tanah untuk membuat noda oli tersebut luntur. Pada bagian yang sulit dijangkau, Anda bisa memakai sikat gigi bekas ataupun kuas kecil dengan gagang yang cukup panjang. Hati-hati mengoleskan minyak tanah tersebut pada bahan karet agar tetap lentur. Setelah terlihat lebih bersih, Anda bisa membilasnya menggunakan air hingga benar-benar bersih

Finishing

Keringkan bagian mesin menggunakan lap bersih. Semprot atau olesi silikon pada setiap komponen mesin, tunggu hingga semprotan itu meresap lalu bersihkan menggunakan lap halus. Lumasi kembali bagian yang diperlukan seperti halnya pada kunci buka kap mesin dan lain sebagainya. Sebagai bagian dari perawatan, semprotkan belt dresser pada komponen berbahan karet agar tetap terjaga kelenturannya. Selanjutnya  panaskan mesin mobil Anda agar tidak ada kelembaban yang tersisa pada bagian mesin.

Selain sebagai perawatan, mencuci mesin mobil juga  menambah kepercayaan diri pemilik sekaligus mempertahankan harga jual mobil tetap tinggi. Dengan melakukan pembersihan ruang mesin secara teratur, pastinya kondisi mesin kendaraan Anda lebih terjaga karena semakin mudah mengetahui kondisinya. Mesin yang bersih akan lebih mudah dirawat dibanding mesin yang kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *