Tips Membeli Pemanggang Roti

hargamesin.org-pemanggang rotiSecara umum pemanggang roti dibagi menjadi dua yaitu: Pertama pemanggang roti konvensional dan pemanggang konveksi. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dengan kebutuhan. Berikut ulasannya:

Perbedaan Pemanggang Konvensional dan Konveksi

Pemanggang konvensional atau standar adalah pemanggang yang biasanya digunakan untuk membuat roti, memanaskan kue atau untuk memanaskan kembali makanan. Ada banyak jenis dan ukuran pemanggang yang mengakomodasi selera pelanggan yang kebutuhannya berbeda-beda. Umumnya jenis pemanggang ini dilengkapi fitur seperti: pengaturan suhu, timer dan bel yang akan berbunyi jika proses pemanggangan sudah selesai.

Sedangkan pemanggang konveksi adalah jenis pemanggang yang prosesnya lebih singkat/ cepat dibandingkan dengan model pemanggang konvensional. Perangkat kapas di dalam open mennggerakkan hawa panas yang bisa menghasilkan pemanasan lebih merata. Jadi jenis open konveksi pemanasannya berasal dari bawah dan atas. Jenis pemanggang ini lebih menat energy hingga 50% dan membuat waktu memasak Anda lebih singkat dibandingkan menggunakan pemanggang konveksi atau oven.

Sekarang sudah banyak pilihan pemanggang baik jenis konvensional maupun konveksi. Biasanya diproduksi dalam aneka warna yang bisa disesuaikan dengan tema dan kesukaan peanggan. Sebagian besar jenis pemanggang bisa disimpan diatas meja. Namun ada juga pemanggang roti konveksi yang ditanamkan pada kitchen cabinet agar dapur terlihat lebih rapih.

Baca juga: KELEBIHAN PEMANGGANG ROTI MERK PHILIPS DAN DENPOO

Tips Memilih Pemanggang yang Tepat

Berikut adalah tips membeli dan memilih pemanggang yang tepat.

Ukuran: pilih ukuran pemanggang yang pas dengan tempat dimana pemanggang tersebut akan diletakkan. Mengetahui ukuran yang sesuai kita harus mengetahui ukuran panjang, lebar dan tinggi pemanggang. Pastikan pemanggang tidak diletakkan sebelahan dengan apapun yang bisa rusak jika terkena panas, contohnya, benda-benda yang terbuat dari plastik,kain dan sebagainya.

Kapasitas: yang dimaksud kapasitas di sini adalah volume yang mampu membuat roti terpanggang sekali masak. Biasanya ditandai dengan satuan meter kubik atau kaki kubik. Dengan adanya fitur volume, Anda bisa memanggang roti sesuai kebutuhan.

Rak dan baki remah: ada beberapa alat pemanggang yang sudah dilengkapi baki remah untuk menampung sisa-sisa proses pemanggang. Dengan demikian pemanggang lebih mudah di bersihkan. Selain itu ada juga pemanggang yang sudah dilengkapi satu rak kawat yang bisa dipasang dan dicopot. Fungsinya untuk menaruh roti yang akan dipanggang.

Pemanasan Ganda :Fungsi pemanasan pemanggang adalah untuk membakar dan memanggang. Dengan adanya pemanasan ganda maka alat ini bisa digunakan juga untuk menyiapkan makanan selain roti.

Hemat energy : Secara umum semakin kecil alat panggang maka waktu pemanasan awal bisa semakin cepat. Demikian juga dinding pemanggang yang tebal bisa mengisolasi panas lebih baik dibanding dinding yang tipis. Dengan adanya kipas model konveksi membuat panas lebih merata. Semua elemen-elemen tersebut mempengaruhi hemat tidaknya daya yang dibutuhkan.

Demikian tips apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membeli pemanggang roti, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *