Tips Melakukan Perawatan Mesin Bor yang Tepat

Mesin bor merupakan alat yang banyak digunakan dalam hal melakukan pekerjaan mengebor dinding, kayu, maupun alat-alat yang digunakan untuk pembubutan. Sedangkan pada mesin yang satu ini pun bekerja dengan cara memutarkan alat pemotong atau mata bor dengan sumbu mesin itu sendiri atau pengerjaan pelubangan. Sedangkan dalam hal menggunakan mata bor ini pun tentu saja haruslah memperhatikan banyak hal agar pekerjaan mampu berjalan dengan baik. Sedangkan untuk mesin ini pun juga sangatlah perlu untuk melakukan perawatan yang tepat.

Sedangkan pada biasanya mesin yang satu ini sering kali mengalami kerusakan yang mana pada biasanya disebabkan oleh perawatan yang tidak pernah dilakukan, karena kurang berhati-hati dalam menggunakannya, sering terjadi korosi yang ada pada komponen-komponennya yang disebabkan karena kurangnya pelumasan pada komponen itu sendiri. Sehingga dalam hal ini pentingnya melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan benar. Sedangkan untuk melakukan perawatan pun dapat untuk Anda lihat pada ulasan yang ada di bawah ini.

Baca juga: Tips dan Kiat Membeli Mesin Bor yang Akan Anda Beli

Berikut ini perawatan yang tepat untuk mesin bor yaitu sebagai berikut ini:

  • Pendingin.

Setiap alat material tentunya membutuhkan proses pendinginan, terlebih lagi pada bagian mata bor yang harus dilakukan pendinginan.

  • Pengasahan.

Untuk mencegah mata bor yang cepat tumpul, maka Anda haruslah melakukan pengasahan secara rutin agar alat yang satu ini mampu membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan lebih mudah lagi.

  • Baut.

Selalu periksalah pada baut pengikat puli apakah ada keausan ataupun keretakan.

  • Pengatur pada alat.

Pengatur yang ada pada pemakaian bor ini pun juga wajib untuk diperiksa terutama apabila Anda menggunakan roda gigi rack. Periksa pada roda giginya apakah ada yang cacat maupun pelumasannya.

  • Kepala bor.

Periksa pada bagian kepala bor apakah masih bagus atau telah mengalami keausan.

Mengingat bahwa perawatan yang dilakukan tidaklah rumit dan susah, maka Anda pun haruslah melakukan perawatan secara rutin dan ekstra yang mana dalam hal melakukan perawatan ini memiliki tujuan agar bor yang Anda miliki mampu bertahan dalam angka yang panjang serta apabila bor Anda memiliki kualitas yang bagus karena adanya perawatan yang rutin, maka dalam hal inilah yang menjadikan pekerjaan Anda mampu terbantu dengan baik.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa mesin bor yang sudah berumur tentunya juga sudah ada banyak komponen-komponen yang sudah aus, sehingga hal inilah yang menjadikan pemiliknya wajib untuk memperhatikan banyak hal mengenai mesin yang satu ini dengan cara melakukan perawatan yang tepat serta penggunaan yang sesuai dengan kondisi mesin itu sendiri. Bahkan untuk menjadikan bor tua Anda menjadi tampak muda lagi pun sangat mudah dilakukan dengan cara melakukan perawatan secara rutin dan juga tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *