Tipe Mesin Fotocopy yang Cocok untuk Usaha

hargamesin.org_mesin fotocopySebelum memulai usaha fotocopy, ada baiknya Anda kenali dulu tipe mesin fotocopy yang cocok untuk usaha. Beberapa kriteria seperti mesin yang tahan lama dan keberadaan suku cadang yang mudah didapat dapat dijadikan patokan utama untuk memilih mesin fotocopy.

Ada banyak beredar jenis dan tipe mesin fotocopy di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun beragam dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Sebelum membeli mesin fotocopy ada baiknya Anda juga mengenal jenis-jenis mesin fotocopy yang beredar di pasaran.

Saat ini ada dua jenis mesin fotocopy yang paling banyak beredar, yakni tipe analog dan tipe digital. Mesin tipe analog adalah tipe sederhana yang hanya dapat melakukan fotocopy tanpa dilengkapi fitur lainnya. Ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan mesin fotocopy tetapi memiliki dana terbatas.

Tipe kedua adalah tipe digital. Tipe ini cocok dipertimbangkan untuk usaha Anda karena telah dilengkapi sejumlah fitur canggih. Beberapa di antaranya seperti printing, scanner, email, fax dan send.

Selain itu, untuk memastikan usaha Anda berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa hal lain yang juga perlu dipertimbangkan dalam memilih mesin fotocopy.

Ketersediaan Suku Cadang

Pilih mesin fotocopy yang harganya tidak terlalu mahal tetapi mudah untuk dicarikan suku cadangnya.

Perawatan Mesin Fotocopy

Kunci keawetan barang adalah perawatan. Hal ini juga berlaku untuk mesin fotocopy Anda. Perawatan dan pengecekan secara berkala penting dilakukan untuk menghindari mesin yang rusak secara tiba-tiba. Karena itu, carilah mesin fotocopy yang mudah dalam perawatannya.

Beli Mesin Baru atau Second?

Pertimbangan mesin baru atau second memang jadi pilihan Anda. Jika memang perlu, Anda bisa bertanya atau diskusi dengan rekan-rekan yang telah lebih berpengalaman dalam usaha fotocopy. Karena mesin baru atau second tentu ada kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Baca juga: CARA MEMILIH MESIN FOTOKOPI BEKAS

Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Penting bagi Anda untuk mengunjungi tempat-tempat usaha fotocopy di sekitar Anda. Kalau perlu perhatikan juga merk dan tipe mesin fotocopy yang digunakan. Anda juga bisa bertanya langsung pada pemiliknya tentang kekurangan dan kelebihannya.  

Setelah membaca ulasan di atas, mungkin Anda sudah punya sedikit gambaran soal apa saja yang perlu dipertimbangan dalam memilih mesin fotocopy. Berikut ini akan diberikan juga daftar mesin fotocopy yang sesuai dengan kriteria di atas dan bisa Anda pertimbangan.

  1. Canon IR 3570/4570 dengan harga 10 – 13 juta
  2. Canon IR 3035/3045 dengan harga 12 – 13 juta
  3. Canon IR 3235/3245 dengan harga 14 – 15 juta
  4. Canon IR 5065/5075 dengan harga 24 – 25 juta
  5. Canon IR 5000/6000 dengan harga 29- 32 juta
  6. Canon IR 5050 dengan harga 23 – 24 juta

Demikian ulasan tentang pertimbangan serta tipe mesin fotocopy untuk usaha. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *