Ternyata Inilah yang Menjadi Penyebab Dongkrak Hidrolik Mobil Anda Rusak

Ternyata Inilah yang Menjadi Penyebab Dongkrak Hidrolik Mobil Anda Rusak

Banyak sekali peralatan yang diperlukan dalam sebuah mobil ketika akan melakukan perjalanan jauh, salah satunya adalah dongkrak. Disebut juga dengan dongkrak hidrolik yang mempunyai fungsi untuk mengangkat mobil ketika terjadi kerusakan pada bagian bawah seperti di kaki-kaki ataupun bagian mesin kendaraan tersebut. Jika berbicara mengenai alat tersebut tentu ada beberapa macam yang semuanya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Tetapi pada artikel kali ini tidak akan membahas hal tersebut namun lebih kepada kerusakan umum yang terjadi.

Ternyata Inilah yang Menjadi Penyebab Dongkrak Hidrolik Mobil Anda Rusak

Jika Anda melihat alat dongkrak yang sering digunakan untuk perbaikan mobil tentu saja mengetahui cara kerja yang tepat. Ya, dongkrak mempunyai cara kerja yaitu menggunakan hukum pascal, penerapan hukum tersebutlah yang menjadikan dongkrak mempunyai kerja yang lebih besar seiring dengan tabung yang dimiliki. Namun terlepas dari hal itu, dongkrak sama halnya dengan perlengkapan lainnya yang bisa mengalami kerusakan. Ada beberapa hal yang menjadi kerusakan umum pada alat tersebut, antara lain:

  1. Dongkrak yang bisa turun secara tiba-tiba tanpa sebab yang tidak diketahui.
  2. Bagian tuas yang sangat susah sekali untuk dipompa.
  3. Bagian piston yang tidak dapat bekerja secara maksimal seperti tiba-tiba macet, tidak dapat turun ataupun lainnya.

Jika Anda mengalami hal-hal seperti diatas tersebut pasti akan merasa bingung dan khawatir, bahkan ada yang langsung mengganti dengan dongkrak hidrolik yang baru. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu langsung Anda lakukan penggantian, karena ada beberapa jenis yang memang bisa dilakukan perbaikan. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat dongkrak benar kembali, yaitu:

  1. Untuk pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuka tutup oli hidrolik, setelah itu Anda amati dengan baik kondisi dari oli yang ada pada bagian dalam tersebut.
  2. Jika memang oli tersebut dalam kondisi yang kotor secara otomatis Anda harus melakukan penggantian terlebih dahulu, hal ini penting apalagi dongkrak jenis hidrolik.
  3. Selanjutnya perhatikan pada beberapa bagian lainnya seperti katup yang mungkin ada kotoran yang dapat menghambat kerja dari dongkrak, hal ini pasti perlu untuk segera Anda bersihkan.
  4. Tidak lupa juga untuk membuka pada bagian tuas pompa, tarik plunger dan perhatikan dengan baik seal-seal yang ada pada bagian tersebut.

Baca juga: Lebih Hemat Dengan Service Mesin Mobil Sendiri

Jika dengan beberapa tahap tersebut ternyata dongkrak yang Anda miliki tidak bisa bekerja normal kembali, itu artinya perlu penggantian. Tetapi memang sebelum dilakukan penggantian harus dilakukan pengontrolan dan pengecekan terlebih dahulu. Jika memang Anda tidak ingin kerepotan mengalami hal tersebut, maka sebelum dongkrak hidrolik Anda mengalami kerusakan harus lakukan perawatan dengan baik terlebih dahulu. Selain itu penting juga untuk memberikan ruang penyimpanan yang tepat, sekian dan semoga informasi tersebut bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *