Ternyata Ini Penyebab Umum Kegagalan Komponen Mesin

Ternyata Ini Penyebab Umum Kegagalan Komponen Mesin

Mesin gagal karena berbagai alasan. Demikian juga, tidak semua kegagalan adalah sama. Istilah kegagalan mesin atau malfungsi biasanya mengimplikasikan bahwa mesin telah berhenti berfungsi sebagaimana yang dimaksudkan atau dirancang. Ini disebut sebagai hilangnya kegunaan dari mesin atau komponen mesin. Misalnya, jika pompa dipasang untuk memompa 100 galon minyak per menit, tetapi seiring waktu tidak dapat lagi mengimbangi dan sekarang hanya memompa 75 galon per menit, ini adalah hilangnya kegunaan dari aset.

Ternyata Ini Penyebab Umum Kegagalan Komponen Mesin

Kehilangan manfaat ini dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu seperti keusangan, degradasi permukaan dan kecelakaan. Dari ketiganya, degradasi permukaan bagian-bagian mesin mengakibatkan hilangnya manfaat mesin dalam sebagian besar kasus. Degradasi permukaan terutama terdiri dari korosi dan keausan mekanis. Korosi bagian mesin cukup umum, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kontaminasi air. Air tidak hanya merusak permukaan besi, tetapi juga dapat meningkatkan laju oksidasi minyak, yang mengarah ke lingkungan asam di dalam komponen.

Asam juga dapat dibentuk sebagai produk sampingan dari reaksi antara aditif tertentu dalam minyak dan air. Kontaminasi produk melalui segel dapat menciptakan lingkungan yang kasar dan juga memakai korosif. Sesuatu yang sederhana seperti memiliki aditif tekanan ekstrim agresif dalam kontak dengan logam kuning (tembaga, perunggu, kuningan, dan yang lainnya) dapat menghasilkan kerusakan korosif. Keausan mekanis terjadi ketika permukaan mesin secara mekanik saling berhadapan. Keausan abrasif adalah metode di mana kontaminasi partikel menyebabkan sebagian besar keausan khususnya dibagian komponen mesin.

Partikel seperti kotoran atau puing-puing dapat menyebabkan abrasi tiga-tubuh atau kelelahan permukaan, yang menyebabkan permukaan menjadi berlubang dan mencetak. Memakai perekat melibatkan dua permukaan yang bersentuhan langsung dengan satu sama lain, mentransfer material dari satu wajah ke yang lain. Ini muncul di area-area di mana pelumas tidak lagi dapat menopang beban atau di area-area pelumas yang kelaparan. Kelelahan logam mirip dengan apa yang terjadi ketika Anda mencoba untuk memotong kawat tanpa alat. Ketika Anda bekerja kawat bolak-balik, logam mulai bekerja lebih keras dan kelelahan. Setelah siklus yang cukup dari jenis stres ini, logam akhirnya menjadi rapuh dan terkunci.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Turun Mesin Pada Mobil

Proses yang sama terjadi pada mesin. Sebagai contoh, sebuah partikel dapat menyebabkan stress riser pada ras batin dari bantalan elemen bergulir. Seiring waktu dan dengan kelenturan konstan, logam mulai lelah. Ini menjalar menjadi bagian dari materi. Jadi karena mesin dapat kehilangan fungsinya dalam berbagai metode, itu adalah degradasi permukaan bagian-bagian mesin yang menyebabkan sebagian besar masalah ini. Dengan menjaga mesin dan komponen mesin Anda di segel dengan baik untuk membatasi masuknya partikel dan memastikan pelumas yang Anda gunakan memenuhi tuntutan operasi komponen, Anda dapat memperpanjang masa pakai alat berat dan melihat lebih sedikit kegagalan total.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *