Ternyata Begini Cara Merawat Mesin Bor dengan Benar Agar Awet

Ternyata Begini Cara Merawat Mesin Bor dengan Benar Agar Awet

Mesin Bor merupakan alat yang sering kali di gunakan oleh banyak para masyarakat yang berguna untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan misalnya seperti mengebor kayu, alat-alat pembubutan, dinding, dan yang lainnya. Sedangkan untuk mesin ini pun juga bekerja dengan cara memutarkan pada alat pemotong atau menggunakan mata bor dan hanya pada sumbu mesin pengerjaan pelubangan. Untuk menjaga performa mesin agar tetap terjaga dengan baik, maka Anda dapat untuk melakukan perawatan secara teratur untuk menjaga mesin agar tetap terjaga dengan baik.

Ternyata Begini Cara Merawat Mesin Bor dengan Benar Agar Awet

Dengan menggunakan mata bor sebaik mungkin pada saat mengebor mesin bangku, maupun untuk mengebor mesin bubut, bahkan di bor radial pun juga sangatlah perlu untuk memperhatikan pada banyak hal-hal prinsip yang memang sering kali dianggap sebagai teori belaka saja, padahal hal ini pun sangatlah penting untuk diperhatikan dengan sebaik mungkin agar pekerjaan Anda berjalan dengan lancar. Bahkan untuk melakukan perawatannya pun dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah.

Untuk Anda yang tidak tahu tata cara dalam melakukan perawatannya, maka Anda dapat untuk mengintip beberapa langkah yang ada di bawah berikut ini yang akan membantu diri Anda dalam melakukan perawatannya dengan cara yang benar. Jika Anda melakukan perawatannya dengan cara yang benar, maka hal ini akan menjadikan diri Anda dapat menggunakan mesin bor mata bor dengan sebaik mungkin tanpa adanya halangan apa pun.

Berikut ini tips merawat dengan cara yang benar, yaitu sebagai berikut ini:

  • Pendinginan.

Pendinginan dibagian mata bor tidak dapat disepelekan, hal ini dikarenakan membuat umur pada mata bor tidak akan bertahan lama. Terlebih lagi untuk pekerjaan yang cukuplah banyak, maka peran dari mata bor juga sangatlah memerlukan proses pendinginan. Sedangkan untuk setiap material akan memiliki jenis pendinginan yang tidak sama.

  • Putaran Mesin (RPM).

Untuk putaran mesin semakin besar diameter dari mata bor yang akan Anda gunakan, maka juga akan semakin lambat pula pada putaran yang ada. Sedangkan semakin kecil mata bor maka putaran bor juga semakin cepat.

  • Pengasahan atau penggerindaan.

Membentuk pada sisi potong yang kurang bagus dapat menimbulkan kerusakan seperti cepat tumpul, terlebih lagi untuk bahan yang keras, dengan lubang yang tidak terlalu bagus, atau cepat panas.

Baca juga Pahami Setiap Bagian Mesin Bor

Dengan menggunakan dan melakukan perawatan pada mesin bor yang benar dan sesuai dengan prosedur maka Anda menjadikan diri Anda dapat untuk mengatasi dan mencegah kerusakan pada mesin. Sedangkan tata cara dalam melakukan perawatannya pun juga sangatlah mudah untuk dilakukan, sehingga jangan sampai Anda mengabaikan hal-hal penting yang seperti yang ada di atas yang memang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *