Tahapan Dalam Merawat Mesin Kendaraan Bermotor Supaya Lebih Awet dan Prima

Tahapan Dalam Merawat Mesin Kendaraan Bermotor Supaya Lebih Awet dan Prima

Memiliki kendaraan bermotor memang memberikan kepuasaan tersendiri terutama bagi anda yang gemar dengan kendaraan bermotor. Tak jarang banyak kaum pria yang rela mengeluarkan budget yang besar untuk memodifikasi kendaraan motor yang dimilikinya. Namun tahukah anda, ada hal penting yang terkadang sering anda lupakan saat meiliki kendaraan bermotor? Hal tersebut adalah merawat mesin kendaraan bermotor tersebut. Dengan rutin melakukan perawatan mesin tersebut maka anda kendaraan bermotor anda akan lebih awet dan tetap prima meskipun sering digunakan. Untuk anda yang ingin tahu apa saja langkah perawatan mesin kendaraan bermotor yang tepat maka berikut ini akan diberikan penjelasannya untuk anda.

Tahapan Dalam Merawat Mesin Kendaraan Bermotor Supaya Lebih Awet dan Prima

  1. Untuk Sepeda Motor Baru
    Tahap merawat mesin yang pertama yaitu untuk sepeda motor yang baru maka anda bisa menggunakan layanan servis gratis yang diberikan oleh pihak dealer. Biasanya pihak dealer memberikan servis secara gratis sebagai bentuk pelayanan atau bonus bagi konsumen. Layanan servis tersebut diberikan untuk tahap pertama pada jarak 500 kilometer lalu tahap kedua untuk jarak 1000 kilometer serta tahap ketiga untuk jarak kilo2000 meter. Selain sebagai bonus, servis ini juga membuat konsumen semakin yakin bahwa kondisi kendaraan tetap prima dan aman. Pada servis yang pertama sebaiknya hindari menggunakan motor terlalu keras karena bisa merusak mesin.
  2. Mengganti Oli Motor
    Tahap yang kedua yaitu mengganti oli motor sesuai dengan merk sepeda motor anda. Pastikan penggantian oli tersebut anda lakukan 3 bulan sekali namun biasanya kini penggantian oli dilakukan sesuai dengan jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan bermotor tersebut. Perlu anda ketahui bahwa masa oli akan tetap berkurang ketika motor digunakan ataupun tidak digunakan.
  3. Tune Up Motor
    Tahap merawat mesin kendaraan bermotor berikutnya adalah dengan melakukan tune up yang sangat penting untuk kinerja motor anda. Perawatan ini dilakukan oleh pihak jasa servis resmi untuk membrsihkan debu atau serpihan dari mesin yang bergesekan. Dengan sering melakukan tune up maka kualitas motor anda akan tetap terjaga dengan baik.
  4. Pemakaian Sepeda Motor
    Perlu anda ketahui bahwa perawatan mesin kendaraan bermotor juga harus memperhatikan pemakaian sepeda motor tersebut. Upayakan untuk memakai sepeda motor dengan benar sesuai kondisi mesin motor tersebut. Memainkan kopling secara berlebihan ternyata juga dapat merusak mesin sehingga gunakan kopling sewajarnya saja. Selain itu gunakan kecepatan standar saat berada di jalan raya untuk mencegah terjadinya serpihan logam dari mesi kendaraan yang dapat bercampur dengan oli sehingga oli tidak bisa melumasi mesin secara maksimal.
  5. Menjaga Kebersihan Motor
    Upayakan untuk selalu menjaga kebersihan kendaraan anda setidaknya dengan mencuci seminggu 1-2 kali supaya mesin dan bagian lainnya tetap terjaga dengan baik.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Itulah tadi beberapa informasi mengenai tahapan merawat mesin kendaraan bermotor yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang mempunyai kendaraan bermotor terutama yang masih dalam kondisi baru sebaiknya silakan lakukan perawatan dengan sebaik mungkin termasuk engan memperhatikan tahapan perawatan seperti yang sudah disampaikan di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *