Supaya Mesin Jahit Awet Lakukan 4 Perawatan Penting Berikut Ini!

Bagi yang hobi menjahit atau mungkin membuka bisnis jasa jahitan di rumah atau bisnis lain yang memerlukan keahlian menjahit. Maka dipastikan akan sangat bergantung pada mesin jahit maka wajib memilih yang mutunya bagus sekaligus paham bagaimana menjadikannya awet dan kuat. Mesin untuk kegiatan menjahit ini memang sudah tampil modern meski beberapa model lawas masih bisa ditemukan di pasaran. Anda kini bisa mendapati mesin portable, dan juga berukuran mini sehingga cocok untuk keperluan rumahan maupun membuat kerajinan.

Tata Cara Merawat Mesin untuk Menjahit

Sebagaimana mesin jenis lainnya, mesin untuk menjahit ini juga membutuhkan perawatan berkala agar tidak rusak dan tetap nyaman dipakai. Jika memaksa menjahit dengan mesin yang sudah error bisa jadi benang sering bundet, jarum sering patah, dan lain sebagainya. Maka berikan perawatan yang tepat dan berikut ini adalah contoh-contohnya:

  • Menjaga kebersihan mesin,

Setiap kali usai digunakan usahakan untuk langsung dibersihkan, supaya tidak ada sisa benang dan komponen menjahit lain yang tertinggal. Sebab ada kemungkinan masuk ke bagian dalam mesin yang suatu ketika bisa membuatnya macet dan kadang mengeluarkan bunyi berisik saat dipakai menjahit.

  • Berikan minyak pelumas secara berkala,

Perlu diakui bahwa sebuah mesin jahit terdiri atas banyak komponen yang saling bergerak supaya bisa menghasilkan jahitan yang rapi dan kuat. Komponen ini secara utuh terbuat dari material logam yang tentunya mudah sekali mengalami korosi atau karatan. Mencegah karat pada masing-masing komponen maka usahakan untuk memberikan minyak pelumas minimal seminggu sekali. Namun gunakan minyak pelumas khusus, bisa dibeli di toko alat-alat jahit, sehingga tidak memakai minyak sayur.

  • Ganti sparepart secara teratur,

Mesin untuk menjahit ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan mesin pada kendaraan dimana onderdil di dalamnya perlu diganti secara berkala. Sehingga tidak hanya mengganti bobin saja setiap kali menjahit melainkan mengganti komponen yang sudah aus dengan yang baru supaya performanya tetap terjaga. Penggantian ini bisa dilakukan saat mesin sudah terasa error dan rusak, bisa pula diganti secara berkala sendiri atau ke tukang service tanpa menunggu rusak. Penggantian wajib dilakukan untuk membuatnya bekerja normal dan enak dipakai.

  • Rutin dibawa ke tukang service,

Banyak orang merasa bingung saat mengganti komponen mesin untuk menjahit ini, sehingga memilih membiarkannya. Tindakan ini tentu keliru sebab kerusakan pada komponen berukuran kecil pun bisa berimbas pada komponen lain yang lebih vital. Perlahan mesin pun tidak bisa dipakai menjahit sama sekali, maka segera saja dibawa ke tukang service. Tidak banyak memang jasa service untuk mesin jahit di masa sekarang akan tetapi tetap bisa ditemukan, Anda hanya perlu banyak bertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *