Supaya Aman Memakai Mesin Gerinda, Lakukan 4 Tips Aman Ini!

Supaya Aman Memakai Mesin Gerinda, Lakukan 4 Tips Aman Ini!

Kalau Anda bekerja di bidang pertukangan atau mungkin menjadi karyawan di salah satu pabrik mebel dan sejenisnya maka dijamin familiar dengan mesin gerinda. Mesin bernama gerinda ini termasuk ke dalam jenis mesin potong yang menggunakan energi listrik, sehingga tergolong elektronik. Penggunaannya sangat praktis sebagaimana alat potong elektrik lainnya yakni sekedar menekan tombol dan mesin pun bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan. Akan tetapi sebagai mesin dengan fungsi memotong besi ataupun plate dijamin butuh ketelitian saat menggunakannya.

Supaya Aman Memakai Mesin Gerinda, Lakukan 4 Tips Aman Ini!

Tips Aman Memakai Gerinda dalam Bekerja

Supaya aman dan bebas resiko kecelakaan bahkan kematian pada saat menggunakan mesin potong jenis gerinda ini. Maka penting untuk menyimak dan mengaplikasikan beberapa tips aman berikut ini:

  • Gunakan perlengkapan safety,

Sebagai salah satu mesin yang bisa dipilih untuk memotong benda keras seperti besi dan sejenisnya tentu ada benda super tajam melengkapi mesin satu ini. Alangkah baiknya menggunakan perlengkapan safety supaya tidak terjadi hal buruk. Perlengkapan ini antara lain sarung tangan besi, masker, kacamata khusus, serta tidak lupa memakai sepatu khusus atau sepatu safety.

  • Hindari percikan apinya,

Langkah aman selanjutnya selama memakai mesin gerinda pada saat bekerja adalah meminimalisir kontak dengan percikan api yang terbentuk. Proses memotong benda keras misalnya besi memang akan menghasilkan percikan api apalagi gerinda berputar dengan cepat. Akan sangat berbahaya ketika percikan api mirip hasil pembakaran kembang api ini mengenai kulit apalagi mata. Maka penting memakai masker dan kacamata, sekaligus berpaling ke arah lain untuk menghindari kontak dengan percikan tersebut jadi jangan memandang lurus ketika digunakan.

  • Pastikan benda yang dipotong terkunci aman,

Sebelum menyalakan mesin satu ini usahakan untuk mengunci benda yang akan dipotong pada alas atau sebut saja ragum. Bila perlu bisa diikat sebab kalau dipotong sembari dipegang malah beresiko gerinda ini mengenai tangan dan jari-jari Anda, maka diikat saja demi keamanan maksimal. Usahakan diikat dengan kencang sebab jika terlalu kendur malah ada kemungkinan benda yang dipotong akan terjatuh. Bagaimana jika menimpa kaki Anda maupun kaki teman satu kerjaan? Tentunya berbahaya, maka ikat dengan benar.

Baca Juga 4 Jenis Mesin Gerinda yang Menawarkan Fungsi Berbeda

  • Cari lokasi yang tidak terlalu ramai,

Supaya meningkatkan keamanan selama memakai gerinda maka penting untuk mencari area atau lokasi yang cenderung sepi. Supaya percikan apinya maupun bunyi yang dihasilkan tidak mengganggu kenyamanan pekerja lain. Namun jangan pula terlalu jauh supaya ketika ada apa-apa Anda bisa segera ditolong sebab resiko memakai gerinda ini cukup banyak. Usahakan selalu untuk berhati-hati dan prioritaskan memakai perlengkapan keamanan yang memadahi. Sebab bagaimanapun juga mesin gerinda ini tetap berbahaya sehingga jangan dipakai sembarangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *