Simak Panduan Tepat Memakai Mesin Bor Secara Aman dan Hasil Rapi

Bisnis di bidang jasa seperti diantaranya adalah bengkel ataupun juga pembuatan seperangkat furniture rumah tangga membutuhkan sarana atau perlengkapan yang lebih banyak digunakan untuk menunjang pekerjaan tersebut. Salah satu diantaranya adalah mesin bor. Pada dasarnya alat yang satu ini terbuat dari bagian mesin dan juga mata bor dengan langkah kerja adalah memutar untuk melubangi sebuah media tertentu, mulai dari kayu, kaca hingga bisa dipakai untuk melubangi media yang lebih keras seperti besi ataupun baja.

Jenisnya juga sangat banyak sekali, biasanya untuk kebutuhan industri kecil saja maka tak membutuhkan sebuah bor yang besar, mereka cukup mengandalkan bor tangan. Jenis yang kecil dan juga praktis untuk digunakan. Seri yang satu ini umumnya banyak dijual di pasaran dengan harga relatif terjangkau. Bor tangan dalam pemakaiannya memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis bor lainnya. Bisa langsung ditujukan untuk membuat lubang pada sebuah media.

Agar dapatkan hasil yang baik dan juga aman digunakan, karena bagaimanapun mata bor ini termasuk benda tajam yang harus diperhatikan pemakaiannya, maka berikut ini ada panduan mudahnya memakai mesin bor bagi Anda:

  1. Tentukan terlebih dahulu model lubang seperti apa yang akan dibuat dan juga gunakan mata bor yang tepat, tentunya bukan hal yang baru lagi bagi Anda mengenai mata bor, alat ini jenisnya ada banyak sekali, biasanya berbeda model pelubangan juga akan berbeda jenis yang dipakai, ada mata bor beton, hole saw, flat drill bit, mata bor kayu dan masih banyak yang lainnya, tentukan mana yang akan digunakan.
  2. Pasang mata bor yang sudah ditentukan jenisnya tersebut, langkah selanjutnya setelah mendapatkan jenis mata bor yang tepat untuk digunakan, maka mulailah untuk memasang bagian tersebut. Pemasangan dapat dilakukan secara cara yang mudah mengandalkan kunci bor, masukkan mata bor yang sudah ada kemudian dikencangkan sehingga tidak lepas ketika digunakan.
  3. Bisa langsung digunakan untuk mengebor media yang diinginkan, biasanya bagi yang masih pemula tidak begitu pandai dalam melubangi media yang bersangkutan, lakukan secara hati-hati dengan menekan tombol on, kemudian letakkan mata bor pada titik yang akan di lubangi tersebut, terus dorong hingga media tersebut mendapatkan lubang sesuai dengan yang diinginkan. Kuncinya adalah dengan melakukan secara cepat dan satu arah saja. Setelah lubang didapatkan maka bisa segera mematikan mesin tersebut.

Mudah bukan, mesin bor ini adalah alat yang sangat membantu pekerjaan, bahkan tak jarang diantaranya digunakan sebagai produk rumah tangga untuk kebutuhan memperbaiki sarana atau furniture yang mengalami kerusakan. Pastikan juga ketika selesai menggunakan simpan dengan tepat agar tak mudah rusak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *