Simak Cara Tepat Perawatan Mesin Motor Agar Performa Optimal

Bukan hal yang baru lagi tentunya bagi Anda dengan kendaraan roda dua bermesin yang digunakan untuk menemani setiap perjalanan, yaitu motor. Sarana transportasi yang satu ini memang paling praktis dan juga sangat mudah untuk digunakan. Bahkan di Indonesia sendiri kenyataannya pemilik kendaraan beroda dua tersebut membludak dari waktu ke waktu. Dimana untuk satu rumah tangga biasanya memiliki lebih dari satu motor untuk digunakan. Karena memang tak bisa dipungkiri setiap pergantian model maka ada banyak yang ingin membelinya dalam kondisi baru. belum lagi dengan kondisi mesin motor yang sudah tua biasanya tidak memberikan performa yang maksimal ketika digunakan, sehingga beberapa orang memutuskan membeli baru.

Kondisi mesin yang tidak bisa berjalan sebagaimana kondisi awalnya memang disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satu diantaranya adalah kesalahan dari pengguna sendiri yang sering kali dilakukan, misalnya adalah tak melakukan perawatan secara tepat. Sehingga meskipun belum lama membeli namun menyebabkan kondisi mesinnya juga tak bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Untuk itulah berikut ini ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja mesin motor tersebut, diantaranya adalah:

  1. Melakukan service secara berkala, umumnya setiap kendaraan memang sudah diberikan jangka waktu beberapa bulan sekali untuk dibawa langsung ke bengkel resminya, dengan tujuan untuk melakukan service, memperbaiki beberapa bagian yang bermasalah. Tak bisa dipungkiri bahwa seandainya banyak sekali diantara motor tua yang performanya masih sangat bagus, hal ini disebabkan karena service dilakukan secara teratur.
  2. Pastikan hanya mengganti dengan suku cadang yang asli, kerusakan pada kendaraan memang sering kali terjadi, apalagi ketika sudah dimakan oleh waktu pertimbangan penting sebelum melakukan perbaikan, apalagi jika ada bagian yang hendaknya memang harus diganti adalah hanya menggantinya dengan menggunakan suku cadang atau onderdil asli, ini akan sangat mempengaruhi kualitas tarikan kendaraan tersebut, untuk itu jangan salah memilih.
  3. Lama tak digunakan maka sebaiknya jangan biarkan kendaraan menganggur, akan jauh lebih baik selalu memanasinya, rutin untuk melakukan pemanasan seperti diantaranya adalah dengan menghidupkan kendaraan selama 10 menit setiap harinya, dengan demikian meskipun tak dipakai untuk jangka waktu lama maka kondisi mesin juga tidak akan turun.
  4. Tetap melakukan pemeliharaan dari kemungkinan terjadinya pengkaratan, dengan cara mengaplikasikan pelumas di mesin kendaraan tersebut. Hal ini sangat efektif untuk menghindari efek kondisi cuaca yang dapat memicu reaksi oksidasi. Pastikan juga pemakaian oli yang berkualitas baik.

Cukup melakukan 4 hal tersebut untuk membuat mesin motor tua Anda tetap dalam kondisi yang maksimal. Apalagi beberapa orang memang memiliki kecenderungan senang menggunakan kendaraan tua untuk kebutuhan koleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *