Simak 4 Tips Ini Saat Membeli Mesin Bubut Bekas Agar Tak Menyesal

Simak 4 Tips Ini Saat Membeli Mesin Bubut Bekas Agar Tak Menyesal

Terbentur dengan masalah modal yang jumlah minim membuat kebutuhan mesin bubut dialihkan kepada mesin bekas. Memakai mesin yang masih baru memang dijamin memperoleh kualitas dan performa yang terbaik, hanya saja modal yang digelontorkan tentu lebih besar. Bandingkan dengan pembelian mesin jenis ini dengan kondisi setengah pakai dijamin modalnya bisa lebih terkontrol. Kemudian faktanya tak sedikit mesin jenis ini yang sudah dipakai pihak lain dalam kondisi yang masih ideal untuk digunakan kembali.

Simak 4 Tips Ini Saat Membeli Mesin Bubut Bekas Agar Tak Menyesal

Tips Memilih Mesin Jenis Bubut Bekas

Tentunya Anda wajib memilih mesin jenis bubut bekas ini dengan seksama untuk menghindari pembelian mesin yang sudah rusak parah. Simak beberapa tips berikut untuk mendapatkan yang terbaik:

  • Memeriksa hasil bubutannya dulu,

Sebagai mesin yang sudah setengah pakai tentu Anda wajib teliti dalam menentukan pilihan agar tidak tertipu. Mulailah dengan memeriksa kinerja mesin bekas tersebut, hasil bubutan wajib diperhatikan apakah masih tergolong baik atau sebaliknya. Kenali suara mesin yang dikatakan sehat dengan yang sudah sakit sehingga Anda bisa tahu sudah membeli mesin bekas yang performanya masih bisa diandalkan atau benar-benar sudah uzur dan layak dibuang.

  • Memperhatikan kondisi fisik mesin,

Sudah dipakai beberapa waktu oleh pemilik sebelumnya sudah tentu membuat kondisi mesin bubut mengalami beberapa penurunan. Meski lumrah asalkan tidak berlebihan tentu masih bisa diterima dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Maka penting untuk mengecek tak hanya performa namun juga kondisi fisik mesinnya, pastikan dalam kondisi bersih dan sehat. tidak banyak karat menghiasi body mesin dan noda jenis lainnya sehingga menunjukan jika mesin ini dirawat baik oleh pemilik sebelumnya dan cenderung awet.

  • Memeriksa keseluruhan komponen,

Bagi Anda yang memang paham dunia permesinan dianjurkan sekali untuk memeriksa komponen mesin jenis bubut ini. Sehingga bisa tahu kondisi bed, gear, bearing, roda gigi, dan komponen vital lainnya. ada beberapa komponen yang sedikit lecet masih bisa digunakan untuk waktu lama maka bisa ditoleransi. Namun ada pula yang meski rusak sedikit sudah memberi efek pada performa dan hasil kerja mesin tersebut. Jadi untuk itulah penting mengecek komponen mesin guna memastikan kondisi mesin masih layak pakai.

 Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

  • Layak meminta garansi,

Meskipun Anda membeli mesin setengah pakai bukan berarti tak bisa mendapatkan layanan garansi, khususnya dari pemilik pertama. Garansi ini bisa didapatkan untuk pemakaian beberapa minggu atau bulan sehingga Anda yakin selama di bawah tangan pemilik pertama mesin dioperasikan dengan baik. Paling menarik dan menguntungkan adalah membeli mesin jenis ini yang masih ada garansi pabriknya, sebab pemilik pertama baru memakainya beberapa bulan. Lewat garansi resmi ini maka Anda bisa terjamin mendapatkan mesin bubut bekas yang kondisinya memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *