Servis Mesin Cuci dengan Mudah dan Mengetahui Penyebabnya

Servis Mesin Cuci dengan Mudah dan Mengetahui Penyebabnya

Mesin cuci adalah perabotan yang sangat berguna karena dapat membuat pekerjaan mencuci Anda jauh lebih mudah. Apabila mesin cuci yang Anda miliki mengalamai kerusakan, maka secepatnya harus dilakukan servis mesin.

Servis Mesin Cuci dengan Mudah dan Mengetahui Penyebabnya

Ada dua jenis mesin cuci yang perlu Anda ketahui, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Jika mesin cuci tidak bisa bekerja dengan baik, hal ini cukup merepotkan. Tetapi terdapat langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mesin cuci yang bermasalah yaitu melakukan servis mesin. Berikut ini cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung.

  • Beberapa Penyebab Air Keluar Terus

  • Seal Pembuangan Kotor

Dengan lamanya pemakaian mesin cuci, kotoran akan menempel pada seal pembuangan sehingga mengakibatkan posisi seal pembuangan terganjal (seal pembuangan tidak tertutup rapat) yang menimbulkan rongga atau lubang air akan terus keluar walaupun posisi knop tidak pada drain.

  • Seal Pembuangan Sudah Kaku atau Tidak Elastis

Apabila dilihat tampak fisik memang terlihat baik-baik saja, namun setelah dibersihkan dan dipasang kembali air masih keluar terus dan solusinya harus mengganti dengan yang baru.

  • Per Pembuangan Patah dan Berkarat

Apabila per yang sudah patah dan berkarat dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan per pembuangan tidak memiliki daya dorong lagi terhadap seal pembuangan.

  • Beberapa Penyebab Pengering Tidak Dapat Berputar

  • Kabel Putus

Masalah semacam ini biasa terjadi dikarenakan kabel dimakan tikus. Sebaiknya Anda cek pada bagian penutup belakang, biasanya paling sering outus pada bagian kabel yang naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panel timer. Solusi menghadapi kasus ini yaitu menyambung kabel yang putus dan menyesuaikan dengan warnanya atau melakukan perawatan rutin dengan cara memberi kapur barus pada bagian bawah mesin cuci.

  • Door Switch Rusak

Posisi door siwcth berada didekat timmer pengering, namun kerusakan ini jarang terjadi kecuali pada mesin yang saluran masuk airnya ada 2 yaitu samping kiri dan kanan, posisi kanan dekat dengan door siwtch pengering yang menimbulkan peralatan menjadi mudah lepas.

  • Kapasitor Rusak

Kapasitor yang rusak memiliki ciri-ciri yaitu ketika timmer diputar ada suara dengung yang berarti ada arus masuk ke dinamo tetapi dinamo tidak dapat berputat sehingga mengakibatkan suara dengung.

  • Dinamo Pengering Terbakar

Servis mesin yang terakhir yaitu mengetahui jika dinamo mengalami kebakaran, karena disebabkan terkena air yang bocor pada seal pengering yang berada tepat di atas dinamo pengering atau bisa juga karena saluran air tersumbat dengan cucian Anda sehingga air tidak langsung keluar pada saat proses spin yang mengakibatkan seal pengering bocor.

Baca juga: 7 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik dan Terbaru Tahun 2018

Nah, itulah beberapa cara servis mesin dan penyebab mesin cuci Anda mengalami kerusakan pada mesin. Agar mesin cuci yang Anda miliki tetap awet dan tahan lama, diperlukan perawatan secara rutin dan berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *