Sejarah Awal Penemuan Dongkrak Hidrolik

Sejarah Awal Penemuan Dongkrak Hidrolik

Mungkin ada beberapa dari Anda yang memiliki alat dongkrak hidrolik di dalam garasi atau mobil? Sesuai dengan namanya, alat ini digunakan untuk mengangkat suatu benda dengan berat di luar batas kemampuan manusia pada umumnya. Contohnya  benda berat tersebut antara lain mesin, kendaraan dan lain sebagainya.

Sejarah Awal Penemuan Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik sendiri dinamai tersebut karena menerapkan prinsip kerja liquid ataupun cairan khusus dalam mekanisme kerjanya. Sistem hidrolis merupakan sistem yang menerapkan tenaga fluida liquid dalam mengerjakan tugas sederhana. Pernahkah Anda terpikir tentang sejarah alat kecil yang luar biasa ini?

Dongkrak hidrolik pertama kali ditemukan William Joseph Curtis tahun 1838 lalu dipatenkan di Inggris. Sementara tahun 1851, Richard Dudgeon yang mengembangkan alat tersebut kemudian menerima hak paten atas “dongkrak hidrolik portabel” yang dikenal juga dengan jack hidrolik.

Dongkrak hidrolik ini terbukti lebih unggul dibanding dongkrak sekrup yang banyak digunakan pada masa itu. Alat penangkat hidrolik ini banyak digunakan pada pekerjaan toko, dan bukan digunakan untuk alat pembantu darurat dalam kendaraan. Oleh karena itu, dongkrak hidrolis pada masa itu tidak identik untuk kendaraan tertentu, namun lebih digunakan dalam mengangkat elevator gedung bertingkat yang tak terlalu tinggi.

Pada 1981, Frank L Gormley Sr. Frank L Gormley Sr asal Nova Scotia (tercatat) kelahiran Kanada yang bekerja di BUDA Co menciptakan dongkrak hidrolik. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang perkereta apian,konstruksi, otomotif serta pengeboran dan terkenal akan kecepatannya dalam mengerjakan proyek besar.

Inovasi pada tahun 1905 yang dibuat oleh Frank akhirnya membuat profil perusahaan menjadi semakin baik dengan kemampuan mengerjakan proyek dengan lebih cepat dan efisien. Frank menciptakan dongkrak hidrolik pertamanya yang bernama lifting jack. Frank yang masih berusia 24 tahun tersebut berhasil membuat banyak orang terkagum-kagum oleh ciptannya.

Pada masa itu, Frank mendemonstrasikan prototype dongkrak hidrolik yang berukuran 4 inch atau berukuran sebesar gelas minum rumahan. Alat berukuran genggaman tangan ini sanggup mengangkat beban hingga 1000 lbs setara 453 Kg. sayangnya penemuan Frank ini harus terganjal oleh Perang Dunia pertama.

Pasca perang, seiring dengan pemulihan perekonomian dunia, Frank pun memulai pengerjaan inovasinya itu lagi. Frank pun semakin menyempurnakan karyanya lagi sehingga bentuk dan fungsinya pun semakin beragam.

Saat ini, produk dongkrak hidrolik sudah semakin berkembang dan dapat ditemukan hingga ke pelosok dunia. Varian dari alat ini pun beragam dengan kemampuan dan ukurang yang bervariasi pula.

Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Dongkrak hidrolik banyak digunakan di dunia industri dan konstruksi. Namun yang paling umum ditemui adalah dongkrak yang digunakan untuk kendaraan dengan ukuran portable, mudah digunakan dan disimpan. Alat ini juga tidak memerlukan perawatan khusus. Dengan kemampuannya yag luar biasa, wajar jika banyak orang memiliki alat ini di rumah untuk berjaga-jaga.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *