Sebelum Membeli Mesin Kopi, Perhatikan Hal-hal Ini!

Pada zaman dulu, Anda berkumpul dengan teman-teman di rumah atau di pusat perbelanjaan, namun zaman sekarang masyarakat Indonesia lebih suka bertemu di sebuah restoran atau sebuah kedai kopi modern. Hal ini dikarenakan mereka dapat menggunakan tempat tersebut hanya dengan membeli secangkir kopi yang dihabiskan dalam waktu yang lama sambil mengobrol dan menikmati layanan WiFi gratis yang biasanya diberikan oleh hampir seluruh kedai kopi. Namun, selain untuk berkumpul, ada juga yang pergi ke kedai kopi hanya untuk menikmati minuman tersebut dan juga merasa jika tidak minum kopi, maka mereka tidak bisa bekerja dengan baik. Namun, harga kopi yang ditawarkan saat ini diberbagai kedainya cukup mahal. Jika Anda kesana setiap hari, tentu akan menguras dompet Anda. Untuk itu, Anda bisa membuat kopi itu sendiri dengan membeli mesin kopi dan Anda pun bisa menikmatinya setiap hari dengan nyaman, bahkan juga bisa membuka usaha sendiri.

Sebelum membeli mesin tersebut, ada baiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

  • Tipe Boiler

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli mesin ini adalah tipe boilernya. Hal ini sangat penting karena boiler tersebut dapat menentukan seberapa banyak kop yang bisa Anda buat setiap harinya. Jika hanya Anda yang meminum kopi, maka tipe single boiler sudah sangat tepat untuk Anda. Namun, jika Anda berencana untuk membuka kedai kopi sendiri dan menjadikannya sebagai mata pencaharian Anda, maka membeli yang dual boiler juga sangat disarankan karena jenis ini dapat menghasilkan jumlah gelas kopi yang lebih banyak dibanding yang single.

Baca juga: Simak Beberapa Proses yang Harus Dilakukan dalam Pembuatan Kopi Menggunakan Mesin Kopi

  • Ukuran

Hal lain yang harus diperhatikan ketika akan membeli mesin kopi adalah ukurannya. Jika Anda hanya ingin mesin tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, ukuran mesin yang kecil atau mini ini sangat direkomendasikan untuk Anda, terlebih harganya yang lebih murah dari jenis lainnya. Sedangkan jika ingin membuka usaha, pilihlah yang memiliki 2 sampai 4 grup yang memang dapat bekerja dengan cepat dan juga praktis, meski harganya yang terbilang cukup mahal.

  • Stabilitas Temperatur

Jika Anda ingin membeli mesin yang mempunyai boiler lebih dari satu, maka Anda perlu memperhatikan stabilitas temperaturnya karena setiap mesin memiliki proses brewing pada suhu yang berbeda-beda. Akan lebih baik untuk membeli yang sudah modern karena memiliki PID atau Proportional Integral Derivative yang secara otomatis dapat mengatur suhu air yang ada pada boiler dengan presisi yang paling baik.

  • Desain

Yang harus diperhatikan ketika akan membeli mesin kopi adalah desainnya karena jika memiliki desain yang sesuai dengan selera Anda, maka saat memakainya pun Anda akan merasa nyaman. Selain itu, jika digunakan untuk membuka usaha, maka desain yang baik dapat membantu untuk menarik perhatian para pelanggannya untuk meminum kopi hasil mesin tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *