Sebelum Membeli Mesin Espresso, Ada Baiknya untuk Memperhatikan Hal Ini!

Sebelum Membeli Mesin Espresso, Ada Baiknya untuk Memperhatikan Hal Ini!

Membuka usaha sendiri saat ini memang sangat digandrungi oleh masyarakat, terutama bisnis membuka kedai kopi yang sedang menjamur dimana-mana, di seluruh pelosok Indonesia. Selain ingin memberikan rasa kopi yang nikmat, biasanya mereka menyediakan layanan WiFi yang saat ini menjadi layanan yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia. Tidak heran jika bisnis ini sangat laku dan diminati di negara ini. Namun, hal terpenting yang harus dipikirkan para pembuka bisnis ini adalah alat pembuat kopi atau mesin espresso seperti apa yang dipakai dan dapat menciptakan rasa kopi yang sangat nikmat. Untuk itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum membeli mesin tersebut, yaitu:

Sebelum Membeli Mesin Espresso, Ada Baiknya untuk Memperhatikan Hal Ini!

  • Besar Volume

Hal paling pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli alat tersebut adalah dengan memperhatikan besar volume pembuatan mesin tersebut. Untuk Anda yang hanya ingin membuat kurang dari 300 cangkir kopi per harinya, Anda bisa memilih mesin dengan single group saja. Namun, pilihlah yang memiliki lebih dari 1 boiler pada mesinnya. jika Anda ingin menjual lebih dari 300 cangkir dalam sehari, maka akan lebih baik untuk menggunakan tipe dual group. Jenis ini memiliki keunggulan yaitu dapat membuat dua atau lebih cangkir espresso dalam satu kali pembuatannya.

  • Budget

Harga biasanya yang menentukan kualitas barang. Semakin mahal, maka akan semakin bagus juga kualitas barang tersebut. Jika budget yang Anda miliki cukup banyak, maka akan lebih baik membeli yang memiliki kualitas tinggi. Namun, jika tidak terlalu banyak, jangan memaksakan untuk mengambil barang yang harganya mahal, karena nantinya Anda sendiri yang akan menanggung akibatnya. Memang mesin espresso yang paling bagus adalah yang memiliki kelas profesional atau commercial, namun jangan pernah memaksakan kalau tidak memiliki budget yang pas.

  • Fitur

Berbeda mesin maka berbeda juga fitur-fitur yang ditawarkan serta diberikan oleh mesin tersebut. Sebelum membeli mesin tersebut, perhatikan berapakah boiler yang dimiliki oleh mesin tersebut dan berapakah kapasitasnya. Selain itu, perhitungkan juga besar daya yang diambil untuk menyalakan mesin tersebut. Perhatikan juga jenis pompa, steamer, sistem pemanasan air pada mesin, ketersediaan pengaman elektrikal, service yang diberikan, dan juga ketersediaan sparepart jika terjadinya kerusakan pada mesin kopi Anda.

Baca Juga 3 Langkah Merawat Mesin Espresso yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

 

  • Tampilan

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli mesin espresso adalah tampilan atau desain dari mesin tersebut. Memang terkesan sepele untuk memperhatikan bagian ini, namun sebenarnya memiliki desain yang baik dapat berguna untuk menarik minat para pelanggan dan membuat mereka semakin ingin datang ke tempat Anda. Dari penampilan mesin yang baik, maka biasanya mereka juga berpikir bahwa kualitas dari kopi yang dihasilkan dan dijual pastinya memiliki rasa yang sangat nikmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *