Saat Sedang Mempertajam Mesin Potong Kayu Anda, Terapkanlah Beberapa Hal Ini!

Mesin potong kayu memang belakangan ini menjadi lebih mudah ditemukan diberbagai toko atau perusahaan mabel atau pun beberapa orang yang mempunyai hobi membuat perabotan dari kayu dan memperbaiki perabot yang rusak. Jika zaman dulu mereka menggunakan gergaji manual untuk memotong kayu-kayu, namun nyatanya ada jenis kayu yang tebal dan juga sulit untuk di potong dengan menggunakan gergaji manual. Untuk itulah, diciptakan mesin tersebut yang membuat pemotongan menjadi lebih cepat dan mudah. Maka, akan lebih baik jika menggunakan pemotong yang memiliki mata pisau yang tajam dibandingkan yang tumpul karena terlalu sering dipakai. Anda pun harus mempertajam mata pisau tersebut sendiri dengan hati-hati. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika sedang mempertajamnya:

  • Menggunakan Perlengkapan Pelindung

Mempertajam mata pisau tersebut memang terbilang cukup berbahaya jika Anda melakukannya tanpa dilengkapi alat-alat tertentu. Untuk membuat Anda tetap aman tanpa adanya luka yang tercipta karena mengasah, Anda harus memakai sarung tangan serta kacamata debu. Dengan memakai sarung tangan, kulit Anda pun akan lebih terlindung ketika akan memegang mata pemotongnya yang sangat tajam. Selain itu, kacamata juga dapat melindungi mata dari adanya serbuk-serbuk dari bekas asahan yang bisa saja masuk ke mata dan menciptakan hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Mengenal Mesin Potong Kayu dan Mesin Kerja Kayu lainnya

  • Mata Pisau yang Dingin

Jika Anda ingin mempertajam atau mengasah mata mesin potong kayu dengan secara mandiri, pastikan jika mata pisaunya sudah dalam keadaan dingin. Jika mesin tersebut baru saja digunakan dan Anda langsung mempertajamnya, maka hal ini akan berakibat fatal untuk Anda. Ada baiknya untuk menunggu kurang lebih 30 menit setelah pemakaian terakhir mesin tersebut dan barulah Anda bisa mulai untuk mempertajam alat tersebut.

  • Memakai Kikir yang Tepat

Pemilihan ukuran kikir untuk mempertajam mesin tersebut memang sangat penting. Pasalnya, jika kikir yang digunakan ukurannya tidak pas, maka bukannya dapat mengasah pisau tersebut, namun kikir itu akan rusak mau pun pecah. Untuk itu, pilihlah yang sesuai ukurannya dengan mesin Anda. Jika kebesaran atau kekecilan, janganlah memaksa untuk memakainya, karena kikir tersebut bisa saja pecah karena adanya banyak tekanan yang diberikan. Jika menggunakan yang ukurannya tepat, Anda pun dapat mengasahnya dengan mudah dan juga cepat.

  • Mempertajam dengan Tenang

Mungkin sebagian dari Anda merasa tegang jika akan menyentuh suatu benda yang bersifat berbahaya untuk Anda. Namun, untuk mempertajam mata pisau mesin potong kayu, Anda harus tenang agar tidak ada hal yang buruk terjadi. Bisa saja jika merasa gugup, Anda tidak sengaja memencet tombol menyalakan mesin dan berakhir fatal. Pertajam serta besihkanlah mata pisaunya dengan pelan-pelan dan hati-hati. Jangan merasa gugup dan tetaplah tenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *