Rutin Ganti Oli Mesin Ternyata Memberi 4 Manfaat Ini!

Pemilik kendaraan baik mobil maupun motor dijamin akan rutin menjadwalkan ganti oli mesin yang punya banyak manfaat. Oli adalah cairan pelumas yang dimasukkan ke dalam tangki khusus yang kemudian akan melumuri semua komponen mesin yang saling bergerak dan bergesekan. Secara sederhana oli untuk mesin kendaraan ini berperan penting untuk melindungi semua komponen yang saling bergesekan tersebut. Agar fungsi ini berjalan baik tak hanya perlu teliti memilih jenis oli sesuai spesifikasi mesin kendaraan namun juga rutin mengganti oli.

 

Kegiatan ganti oli ternyata punya efek positif yang cukup banyak dan nantinya bisa merawat kesehatan mesin kendaraan Anda. Adapun manfaatnya secara spesifik antara lain:

 

Meningkatkan ketahanan onderdil mesin,

Karena oli pada mesin kendaraan berperan penting untuk melumasi semua komponen yang bergesekan. Maka rutin ganti oli membantu proses melumasi ini dapat terjadi terus menerus sehingga meningkatkan ketahanan onderdil mesin. Anda tak perlu terlalu sering mengganti onderdil mesin karena dijamin lebih awet berkat terlindungi oleh oli tadi sehingga tidak mudah aus maupun berkarat.

Menjaga suara mesin tetap halus,

Pada saat oli mesin tidak diganti ketika memang sudah sampai di masanya maka oli yang tadinya berwarna kekuningan akan menghitam. Kemampuannya untuk menempel pada onderdil mesin berkurang sehingga membuat gesekan antar onderdil menyebabkan aus. Jika terjadi terlalu lama maka nantinya bisa membuat komponen tertentu retak, berkarat, dan sebagainya sehingga menimbulkan suara berisik. Kendaraan Anda akan terdengar mendengkur ketika dipacu di jalan raya sehingga tidak nyaman mengajaknya beraktivitas.

Performa mesin terjaga dengan baik,

Proses ganti oli akan dilakukan per tiga bulan sekali atau per 5000 km dari angka yang ditunjukkan oleh speedometer kendaraan Anda. Jika bingung silahkan ditanyakan langsung ke mekanik yang menangani service rutin kendaraan yang dimiliki sehingga jadwalnya lebih tepat. jika rutin dilakukan ganti oli maka akan menunjang kinerja onderdil di dalam mesin yang tentu berimbas pada performa kendaraan itu sendiri. Jika sering memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi maka akan langgeng dan bukannya semakin terseok-seok apabila kualitas olinya selalu bagus dan baru.

Mencegah mesin mudah berkarat,

Pelumas atau oli ini juga mencegah komponen atau onderdil mesin kendaraan mengalami karat sehingga lebih awet dan bisa bekerja dengan optimal. Karat yang terjadi pada komponen mesin akan menurunkan performanya dan nantinya bisa cepat aus bahkan patah secara mendadak. Padahal dengan rajin ganti oli Anda bisa mencegah kerusakan komponen lebih parah sehingga tak perlu mengeluarkan dana berlebihan untuk service rutin. Sebab tak harus mengganti banyak komponen, maka jadwalkan secara rutin ganti oli mesin kendaraan Anda agar ke depannya tidak muncul masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *