Ragam Jenis Mesin Pemanas Air

Ragam Jenis Mesin Pemanas Air—pernahkah anda membayangkan mandi air panas tanpa perlu harus terlebih ribet dahulu ngerebus air di panci? Pasti pernah kan. Ingin mengalami kepraktisan mandi air hangat dengan mudah dan cepat. Ya jawabannya adalah water Heater. Untuk kepraktisan tersebutlah mesin tersebut hadir.

Seperti apakah water heater itu? Sebelum memutuskan membelinya, ada baiknya kita simak sejenak Ragam Jenis Mesin Pemanas Air yang perlu anda ketahui berikut ini. Pada dasarnya semua alat pamanas memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memanaskan air. Hal utama yang membedakannya adalah sumber energi yang digunakan unutk memanaskan air tersebut.

  • Electric Water Heater

Mesin pemanas air satu ini mengandalkan energi listrik untuk menghasilkan panas. Memiliki prinsip dasar yang sama seperti, termos listrik, setrika listrik, hair dryer  dan alat listrik pemanas lainnya.

Terdapat dua macam electric water heater ini. Yaitu dengan tangki dan tanpa tangki. Electric water heater yang menggunakan tangki memiliki variasi harga yang ditentukan dari besarnya ukuran tangki. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin mahal pula.

Pemanas air tanpa tangki mempunyai daya listrik yang cukup besar. Yaitu sekitar 2000 watt. Namun ada juga yang menggunakan daya listrik rendah, sekitar 300 watt. Anda perlu waktu 4-5 menit untuk memanaskan airnya. Mesin pemanas air tanpa tangki ini bisa anda dapatkan di kisaran harga 500 ribu.

Salah satu kekhwatiran dalam penggunaan mesin pemanas air elektrik adalah terjadinya kecelakaan akibat kesetrum. Pada dasarnya semua mesin pemanas air telah dipasangi dengan pengaman anti kontak (MLCB: Main Line Circuit Breaker). Alat ini berguna untuk memutus aliran listrik jika terjadi korsleting. Saat ini di pasaran ada begitu banyak merk mesin pemanas air dengan berbagai variasi harga. Pastikan keamanan dan kesiapan mesin pemanas air yang hendak anda beli, dalam keadaan baik dan mendapatkan servis serta garansi yang benar.

  • Solar Water Heather

Ini adalah mesin pemanas air yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber dayanya. Pemanas air jenis ini selalu dilengkapi  dengan tangki yang berukuran sangat besar. Ini dikarenakan matahari energi panaasnya tidak selalu dapat digunakan 24 jam. Tangki besar itu gunanya untuk menampung air panas yang cukup untuk dikonsumsi untuk sekian orang dalam satu rumah.

Pada umumnya alat ini dilengkapi dengan pemanas cadangan. Yang berguna untuk menjalankan mesin dikala energi suryanya tidak ada alias mataharinya jarang nongol akibat hujan. Biasanya pemanas cadangan ini menggunakan sistem elektrik. Mesin pemanas air jenis ini cukup trend di Indonesia. Walaupun harganya relatif mahal—bisa mencapai puluhan juta di luar ongkos pasang yang mahal pula—sekalinya dipasang nyaris tidak memerlukan servis apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *