Ragam Jenis dan Fungsi dari Mesin Bor yang Patut Anda Ketahui

Mesin Bor Punya Banyak Jenis Dan Harga Bervariasi

Pekerja bangunan atau teknisi tentunya tidak asing lagi jika melihat beragam mesin dalam kegiatannya sehari-hari, salah satunya adalah mesin bor. Mesin yang satu ini seringkali digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pelubangan. Kinerja pada mesin ini yaitu berupa gerakan yang berguna untuk memutarkan alat pemotong, di mana arah pemakanan mata bor hanya ada pada sumbu mesin. Mesin ini digunakan untuk membuat beragam lubang diantaranya untuk membuat lubang bertingkat, chamfer, hingga memperbesar lubang. Anda bisa membuat lubang dengan menekankan mata bor pada lapisan tertentu dan mengatur kecepatan mesinnya.

Mesin Bor Punya Banyak Jenis Dan Harga Bervariasi

Fungsi Utama Mesin Pelubang atau Bor

Seperti yang sudah dibahas di atas, mesin yang satu ini berfungsi untuk melubangi objek tertentu dengan ukuran yang beragam. Jika Anda belum tahu, mesin ini memiliki dua jenis yaitu mesin bor dengan tangan dan duduk. Pada mesin ini juga terdapat istilah mesin milling yang berfungsi untuk menyayat atau membentuk sebuah benda yang dasar bentuknya adalah balok. Untuk mengerjakannya, di dalam mesin terdapat pisau. Sedangkan pada mesin frais, pisaunya terpasang pada arbor yang diputar oleh spindle. Untuk benda yang dilubangi biasanya terpasang pada meja dengan bantuan catok maupun alat bantu yang lain.

Mesin Pelubang/Bor Meja

Mesin bor yang satu ini bisa diletakkan di atas meja yang biasanya digunakan untuk melubangi benda dengan diameter cukup kecil yaitu maksimal sampai 16 mm. Ia bisa dioperasikan dengan putaran motor listrik yang diteruskan menuju ke poros mesin. Poros yang sudah berputar akan menggerakkan mata bor dan terdapat roda gigi lurus dan gigi rack yang akan mengatur tekanan saat pengeboran.

Mesin Pelubang/Bor Lantai

Mesin yang satu ini dipasang di lantai ada pula yang disangga oleh meja dengan batang pendukung. Mesin yang satu ini digunakan untuk melubangi benda besar dan cukup berat.

Mesin Pelubang/Bor Radial

Mesin bor yang dirancang khusus untuk mengebor benda-benda besar dan berat dan langsung dipasang pada lantai. Untuk meja mesin penyangga objek sudah terpasang permanen pada alasnya.

Mesin Bor Punya Banyak Jenis Dan Harga Bervariasi

Mesin Pelubang/Bor Koordinat

Mesin yang satu ini memiliki prinsip yang serupa dengan mesin bor sebelumnya. Yang berbeda hanya pada pengaturan posisi pengeboran. Mesin ini digunakan untuk membuat maupun memperbesar lubang yang memiliki keakuratan tinggi. Kelebihan ini diperoleh karena mesin koordinat memiliki meja kombinasi yang bisa diatur dengan arah memanjang maupun dengan arah melintang. Keakuratannya ini tidak lain juga disebabkan adanya sistem optik di dalam mesin. Ketelitian dan keakuratannya bisa diatur hingga pada ukuran super kecil yaitu mencapai 0,001 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *