Poin Penting Yang Harus Dijadikan Bahan Pertimbangan Saat Memilih Mesin Cuci Bagus

Mesin cuci merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang penting. Dengan adanya peralatan ini kegiatan mencuci jadi lebih hemat tenaga dan waktu. Ada banyak jenis dari berbagai merk yang menawarkan mesin cuci bagus dengan spesifikasi dan fitur yang menggiurkan.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan? dan apa saja yang harus dijadikan bahan pertimbangan? Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai poin penting yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan untuk mendapatkan mesin cuci bagus dan sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan Dengan Jumlah Anggota Keluarga

Salah satu hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan memilih mesin cuci adalah menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Karena hal tersebut berhubungan dengan jumlah pakaian yang akan dicuci setiap hari. Apabila jumlah keluarga Anda lebih dari 5 orang maka sebaiknya membeli mesin cuci yang kapasitas cuciannya mencapai 9 kg atau lebih.

Sedangkan jika jumlah anggota keluarga Anda jumlahnya hanya 4 orang atau kurang bisa pilih mesin cuci yang kapasitasnya 7-8 kg. Tapi jika ingin menggunakan mesin yang kapasitasnya besar boleh-boleh saja, malah akan lebih menghemat frekuensi mencuci.

Perhatikan Daya Listrik Yang Dibutuhkan

Daya listrik yang dikeluarkan/ dibutuhkan oleh barang elektronik yang besar tentu akan menambah biaya pengeluaran bulanan membayar listrik. Saat ini pilihan alat elektronik yang hemat energi menjadi prioritas keluarga di Indonesia, termasuk salah satunya memilih mesin cuci.

Umumnya mesin cuci membutuhkan daya listrik sebesar 275 watt untuk mencuci dan 110 watt untuk pengeringan. Mesin cuci 1 tabung jenis front loading umumnya membutuhkan daya listrik yang tinggi. Jika daya listrik di rumah Anda rendah, sebaiknya pilih mesin yang ukurannya kecil agar kinerjanya tetap prima dan mampu bertahan lama.

Sedangkan untuk mesin cuci semi otomatis bisa gunakan di rumah yang memiliki tegangan daya listrik sekitar 2000 watt, karena biasanya mesin cuci tersebut memiliki tegangan di bawah 1000 watt. Hal ini sangat penting agar saat mencuci tidak mengganggu aktivitas alat elektronik lainnya yang ada di dalam rumah.

Sesuaikan Harga Mesin Cuci Dengan Budget

Jika budget Anda terbatas bisa pilih mesin yang harganya murah namun dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hal yang bisa Anda jdikan bahan pertimbangan antara lain:

  • Memilih mesin cuci dua tabung karena harganya lebih murah dibandingkan dengan mesin cuci satu tabung.
  • Memilih top loading karena harganya lebih murah dibandingkan dengan front loading.
  • Kapasitas dibawah 8kg harganya lebih murah dibandingkan dengan kapasitas yang lebih besar.
  • Pilih mesin yang fitur dan spesifikasinya standar.

Demikian informasi yang kami berikan mengenai poin yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan saat memilih mesin cuci bagus. Jangan lupa minta jaminan garansi saat membeli mesin cuci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *